WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Menteri Pertahanan Prabowo Serahkan 8 Helikopter Airbus H225M ke TNI AU

Jakarta, JMI - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan delapan unit helikopter angkut berat Airbus H225M kepada TNI Angkatan Udara di Lanud Atang Sendjaja, Kemang, Bogor, pada Jumat, 1 Desember 2023. Helikopter ini diklaim sebagai pembangunan kekuatan Tentara Nasional Indonesia, khususnya Angkatan Udara melalui program pengadaan alutsista yang canggih dan modern.

Prabowo mengatakan TNI AU harus unggul. Dia menyatakan pemerintah ingin terus menyiapkan peralatan terbaik. "Ini belum seberapa kebutuhan kita, karena wilayah kita (Indonesia) sangat luas," kata Prabowo dalam sambutannya di Lanud Atang Sandjaja.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menerima langsung penyerahan Airbus H225M oleh Prabowo, untuk Skadron Udara 8 Wing 4 Pangkalan Udara Atang Sendjaja Bogor. Turut hadir dalam penerimaan pesawat H225M tersebut Panglima TNI Agus Subiyanto, Panglima Komando Operasi Udara Nasional Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono, Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan Marsda TNI Yusuf Jauhari serta sejumlah pejabat lain di lingkungan kementerian, Mabes TNI dan Mabesau.

Kedelapan helikopter tersebut diserahkan secara bertahap sejak dikirimkannya unit pertama pada 14 September 2023, dari Apron Hanggar Rotary Wing PTDI, Bandung, menuju Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja. Selain pengiriman helikopter tersebut, Prabowo juga menyerahkan 1 (satu) unit H225M Level D Full Flight Simulator, beserta sarana dan prasarana pendukungnya di  Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja.

Simulator tersebut merupakan replika yang dirancang spesifik dengan helikopter H225M. Dengan perangkat itu, pilot mampu diharapkan dapat mengaplikasikan dan mensimulasikan setiap kontrol atau alat yang ada seperti saat berada di helikopter sebenarnya untuk tujuan pelatihan. 

Spesifikasi Helikopter Airbus H225M

H225M dikenal sebagai helikopter serbaguna yang mampu melaksanakan berbagai misi seperti operasi khusus, SAR, evakuasi medis, pengawasan maritim, dan bantuan tembakan dari udara. Pesawat produk kerja sama industri antara PTDI dengan Airbus Helicopters ini punya badan jumbo yang memungkinkan untuk mengakomodasi berbagai pengaturan tempat duduk dengan kapasitas hingga 29 orang pasukan di kabin dan dua orang awak pesawat.

Helikopter tersebut memiliki sejumlah fitur yang diklaim canggih seperti desain modular, penggunaan material komposit, avionik canggih, termasuk LCD  Multi-Functions Displays, Vehicle Monitoring System dan Automatic Flight Control  System. H225M juga menggabungkan pembangkit listrik Turbomeca MAKILA 2A1  generasi baru yang memberikan kinerja tinggi dan keamanan maksimum. 

H225M juga dapat dilengkapi dengan sistem persenjataan HForce - sistem persenjataan inkremental dan modular yang memungkinkannya untuk menangani semua  jenis skenario operasi, baik dalam konflik konvensional maupun asimetris.

 

Sumber : Tempo

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dandim 0607/Kota Sukabumi Hadiri Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Berkelanjutan Tahun 2024 Tingkat Kota Sukabumi

SUKABUMI, JMI - Telah Dilaksanakan Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Berkelanjutan Tahun 2024 Tingkat  Kota Sukabumi, D...