WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

PJ.Bupati Subang Lantik 10 Kepala Desa Terpilih Pilkades Serentak 2023 di Aula Pemda Subang

Subang, JMI - Pj. Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala Desa Terpilih tahun 2023, bertempat di Aula Oman Syahroni, Pemda Subang. Selasa, 9 Januari 2024.

Kepala desa yang dilantik diantaranya Desa Kosar, Desa Gandasari, Desa Tambakmekar, Desa Bunihayu, Desa Sidamulya, Desa Jabong, Desa Gambarsari, Desa Gunungsari, Desa Batusari serta Desa Kosambi.

Kadis PMD Kabupaten Subang Dadan Dwiyana, A.P., M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa Pemilihan Kepala Desa diikuti oleh 79 orang calon dari 22 desa, yang berasal dari 14 kecamatan. Waktu pelaksanaan Pilkades yakni pada 3 desember 2023, dengan jumlah DPT 99.491 orang dan Tingkat partisipasi sebesar 82,3%.,"Ungkapnya.


Prosesi pelantikan dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Subang dengan membacakan sumpah janji jabatan yang diikuti secara serempak oleh para kepala Desa terpilih. Setelah pembacaan janji, dilaksanakan Penandatanganan Berita Acara dan dilanjutkan dengan penyematan Tanda Jabatan kepada seluruh kepala desa terpilih.

Pj. Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelantikan yang dilaksanakan di Aula Pemda tersebut merupakan suatu bentuk penghormatan bagi para kepala Desa yang telah terpilih,"Ucapnya.

Pj. Bupati juga menyampaikan bahwa Kepala desa kini telah diberikan kewenangan yang sangat besar. Oleh karena itu, dirinya mengingatkan untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan kewenangan tersebut, karena penyalahgunaan kewenangan itu akan mudah sekali dideteksi karena saat ini telah banyak yang mengawasi.


"Terkait dengan penggunaan keuangan yang ada pada tingkat desa sekarang berlimpah itu uang dibandingkan dulunya. Saya tahu betul itu karena saya dulu dasarnya itu dari PMD."terangnya.

Lebih lanjut Pada kesempatan tersebut, "Pj. Bupati juga mengingatkan bahwa kompetisi dalam pemilihan kepala desa telah usai, dan dirinya mengajak kepada semua pihak, khususnya kepada para calon kepala desa yang belum terpilih, untuk kembali menjalin kesatuan untuk bersama sama membangun desa.

"saya mengingatkan ini kompetisi sudah selesai, kompetisi pemilihan kepala desa itu sudah selesai, jadi kepada yang kalah kemarin, itu sekarang harus bahu membahu dengan Pak Kepala Desa terpilih untuk membangun desa. Sesuai tagline Subang gotong royong, Subang Jawara. Jangan hanya sekedar tagline, tapi harus terealisasi."Tegasnya.


"Lebih baik apa yang kurang ayo sama-sama kita perbaiki kita tambah apa yang sudah bagus kita pertahankan dan ditambah dengan inovasi-inovasi lain untuk mempercepat pembangunan yang ada di Kabupaten Subang"Tandas pj Bupati Subang.

Terkait pemilu yang akan segera digelar, Pj. Bupati Subang pun mengingatkan kepada para kepala Desa yang saat ini telah menjadi seorang ASN, untuk dapat menjaga netralitas.

"penyelenggaraan pemilu tahun 2024 hitungan saya hari ini sekitar 35 hari. Bapak ini sekarang jadi ASN tolong dijaga netralitasnya."tuturnya.

Selanjutnya, Pj. Bupati Subang juga mengingatkan terkait kondisi cuaca yang saat ini tengah dihadapi di Kabupaten Subang, dimana terdapat banyak potensi bencana yang bisa saja terjadi. Dirinya mengajak semua pihak untuk selalu waspada daj berhati hati, serta melakukan mitigasi.

"hati-hati menghadapi musim penghujan, kalau kata orang amerika selatan itu alnina sedang menangis. Tolong diingatkan kepada warga masyarakatnya."harapnya.


Menutup sambutannya, Pj. Bupati Subang mengucapkan selamat kepada para kepala Desa yang telah dilantik dan berharap kinerja terbaik dari para kepala Desa.

"saya sekali lagi mengucapkan selamat kepada bapak kepala desa yang dilantik pada hari ini, selamat bekerja. Sumbangsih bapak, kinerja bapak, itu sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat yang ada di desa Bapak dan Ibu sekalian."Ungkapnya.

Hadir pada pelantikan tersebut, Para Pejabat Forkopimda atau yang mewakili, Ketua Pj. TP PKK Kabupaten Subang, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang beserta istri yang juga sebagai Ketua DWP Kabupaten Subang, serta tamu undangan lainnya.

 

Pewarta : Agus Hamdan

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dukung Produktivitas Pertanian, Dinas PUTR Majalengka Gencar Optimalisasi Saluran Irigasi

MAJALENGKA, JMI - Dalam upaya menjaga ketersediaan air bagi sektor pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupat...