WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

BNN dan SMKN 1 Japara Kuningan Berkolaborasi Wujudkan Sekolah Bersinar

Kuningan, JMI - Terkait gerakan aksi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan sekolah, BNN Kabupaten Kuningan, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan SMK N 1 Japara dan dilanjutkan dengan test urine secara mandiri kepada siswa SMKN 1 Japara yang dilaksanakan kepada perwakilan 15 siswa, dan diperoleh hasil bahwa semuanya negatif narkoba. (Selasa, 07 Mei 2024)

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mendukung Program P4GN di lingkungan Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang bertugas untuk mencerdaskan anak bangsa, untuk mewujudkan lingkungan Sekolah yang BERSINAR, serta sebagai wujud komitmen bersama untuk melindungi generasi muda dari ancaman Narkoba. Diharapkan langkah yang telah dilakukan oleh SMK Negeri 1 Japara ini bisa menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk mewujudkan lingkungan sekolah BERSINAR, Bersih Tanpa Narkoba.



Plt Kepala Sekolah SMKN 1 Japara Elpasa, M.pd berpesan, beliau menyatakan siap untuk menjalin komitmen bersama. Selain itu bagi Bapak Ibu guru kelas diharapkan dapat memberikan edukasi terkait bahaya narkoba kepada para siswa dalam rangka pencegahan dan mewujudkan sekolah bersih narkoba (BERSINAR) ujarnya. Beliau juga menaruh harapan kedepannya setelah dilaksanakan MoU ini akan akan lebih masif lagi kegiatan untuk menunjang terciptanya Sekolah BERSINAR seperti Pemberian materi P4GN pada kegiatan sekolah, pengembangan muatan materi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba ke dalam mata pelajaran, pembentukan serta pengembangan kader siswa anti penyalahgunaan narkoba, pelaksanaan pemeriksaan tes uji narkoba di lingkungan sekolah.

Sedangkan menurut Kepala BNNK Kuningan, Drs. Wuryanto Sugiri memberikan Sosialisasi singkat kepada siswa-siswi SMK N 1 Japara. Drs. Giri mengharapkan para siswa bisa mengenali tentang narkoba dan bahayanya jika disalahgunakan, dengan demikian siswa akan bisa lebih selektif dalam menyikapi pengaruh lingkungan mana yang baik dan mana yang tidak baik, sehingga bisa terhindar dari pengaruh buruk narkoba.


Lebih lanjut, beliau menambahkan bahwa generasi muda yang hebat adalah generasi muda yang tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Lingkungan pendidikan menjadi tempat kedua setelah seseorang mengenal lingkungan keluarga, mengingat lingkup pendidikan yang mana merupakan ujung tombak pembentuk generasi bangsa harus bebas dan bersih dari narkoba. Untuk itu, BNN melakukan kunjungan langsung ke SMK Negeri 1 Japara Kabupaten Kuningan, dalam pencegahan narkoba, yakni Penandatanganan MoU antara BNNK Kuningan & SMKN 1 Japara, Sosialisasi singkat dari Kepala BNNK Kuningan, serta pelaksanaan program Test Urine secara mandiri untuk deteksi dini.

 

Pewarta : Jaelani ( Kang Jay )

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

SMAN 2 Sumedang Sukses Gelar Panen Karya

Sumedang, JMI - Bertempat di kampus sekolah menengah atas negeri 2 Sumedang Selasa 28 Mei 2024 SMAN 2 SUMEDANG menggelar panen ...