WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kementan Tinjau Areal Pesawahan di Wilayah Desa Sumur Barang, Siapkan Pompanisasi untuk Daerah Kering Hadapi Musim Kemarau di Wilayah Subang

Subang, JMI - Tim  tenaga ahli Menteri Pertanian, menyambangi Kabupaten Subang. Salah satu Tim yang ditugaskan khusus di wilayah Jawa Barat ini, mengecek kesiapan tanam di musim kemarau ini. Termasuk, mengecek bantuan pompanisasi yang telah didistribusikan oleh pemerintah pusat.
 
Tenaga Ahli Bidang Lingkungan Pertanian Menteri Pertanian, Prof Yusran Yusuf, mengatakan, pihaknya ditugaskan Menteri Pertanian untuk memonitor bantuan. Salah satunya, mengenai efektivitas pompainasasi. Serta, melihat pertanaman padi gogo.

"Bantuan pompa ini, sangat dibutuhkan oleh petani yang memiliki sawah tadah hujan," ujarnya, 

Saat meninjau areal persawahan di Desa Sumurbarang Kecamatan Cibogo, Jum'at (05/07/24).

Dalam kunjungan itu, dihadiri dari Kementerian Pertanian RI, Pamuji Lestasi, Yusran Yusuf yang  didampingi oleh BBPOPT Jatisari, Dinas Prov. Jabar, BBSIP Sukamandi, BSIP Jabar dan Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian.

Pihaknya sangat mengapresiasi, Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Subang terutama kepala dinas dan jajarannya. Karena, bantuan yang telah didistribusikan oleh pusat langsung dibagikan ke penerima.
 
Selain itu, berdasarkan hasil monitoring, laporan data dengan pemanfaatan pompa di lapangan sudah sesuai. Sehingga, bantuan ini sangat dirasakan manfaatnya langsung oleh petani.
 
Dengan bantuan ini, Kementan berharap Indonesia akan menjadi lumbung pangan dunia. Karena itu, sektor pertanian harus tetap terjaga. Supaya, bahan pangan Indonesia terus mengalami surplus.
 
Mengingat, negara-negara lain sudah mengalami krisis pangan. Saat ini, Indonesia justru menggali potensi untuk terus menambah sumber bahan pangan. Termasuk, memanfaatkan lahan tidur yang dicetak menjadi areal persawahan.
 
"Selain monitoring kondisi pompanisasi, rombongan Kementan juga memantau perkembangan pertanaman padi gogo di Kelurahan Wanareja Kecamatan Subang. Untuk Subang pertanaman padi gogo sudah ditanam seluas 155 ha. Secara keseluruhan Kab. Subang sudah bagus, namun masih dibutuhkan pompa untuk mempertahankan pertanaman padi gogo hingga panen nanti," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Menteri Pertanian Bidang Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Rawa Mineral, Pamuji Lestari, mengatakan, pada hari ini timnya menyambangi Kabupaten Subang. Ada dua poin utama, tim Menteri Pertanian turun ke daerah ini.
 
"Pertama, kami mengecek soal bantuan pompanisasi. Ternyata, Subang sudah bagus, antara data dengan kondisi rill di lapangan sudah sesuai," ujarnya.

Kedua, mengenai padi gogo setelah di cek di Kab Subang  sudah ditanam di lahan kering  sekitar lokasi LMDH. "Masih banyak potensi di lahan LMDH untuk dijadikan sebagai lahan padi gogo" Ujarnya.


Pewarta: Agus Hamdan
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

DPD IWOI Kabupaten Subang Gelar Diskusi Publik Jelang Pilkada, Jaring Kriteria Calon Pemimpin, Ketua KPU Subang Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas

Subang, JMI- Mendukung pelaksanan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada November 2024, Ikatan Wartawan Online ...