WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Mengenal Manfaat Gluthathione Bagi Tubuh

Ditulis oleh : dr. Dwi Fitryasari
Mahasiswa Prodi Magister Sains Biomedis Universitas YARSI
Sumber Foto : Journal Ask The Scientist

Manfaat glutathione masih belum diketahui banyak orang. Padahal, glutathione adalah antioksidan yang memiliki banyak manfaat yang  dibutuhkan tubuh manusia. 

Apa itu Gluthathione

Glutathione merupakan antioksidan alami yang terdiri dari tiga asam amino yakni sistein, glutamat, dan glisin. Ada berbagai peran glutathione dalam kerja reaksi kimia tubuh, misalnya membantu mengeluarkan racun-racun, termasuk yang berasal dari tubuh, obat-obatan yang dikonsumsi, atau lingkungan sekitar.

Glutathione merupakan antioksidan yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Banyak manfaat glutathione yang penting bagi kesehatan, di antaranya mencegah kerusakan sel tubuh, memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak, serta menunjang sistem kekebalan tubuh.

Glutathione (GSH) secara alami sudah terdapat di dalam tubuh sejak lahir, yaitu di dalam dan di luar sel tubuh dan di seluruh organ tubuh. Glutathione (GSH) disintesis di dalam sel dan memerlukan beberapa enzim spesifik dalam proses pembentukannya. Kadar glutathione bisa semakin menurun seiring bertambahnya usia seseorang sebab produksi glutathione juga tidak seoptimal sebelumnya. Selain karena usia, glutathione dalam tubuh juga bisa menurun jika mengalami beberapa masalah kesehatan, seperti kanker, HIV/AIDS, diabetes melitus tipe 2, hepatitis, dan penyakit parkinson. Selain itu ada beberapa penyebab berkurangnya Glutathione (GSH) seperti Racun, Stress, Sinar UV yang berbahaya, Konsumsi alkohol berlebihan, Polusi, Penuaan, Keletihan yang berlebihan, Merokok, dan sebagainya.

6 MANFAAT UTAMA Glutathione

Glutathione menghasilkan berbagai manfaat karena perannya yang meresap ke seluruh tubuh, Anda mungkin melihat manfaat di luar yang tercantum di sini. Ketujuh ini akan memberi Anda rasa kekuatan glutathione.

Anti oksidan Alamiah

Glutathione (GSH) atau Glutathione SulphHydril (GSH). Disebut sebagai Master Antioksidan. Sebenarnya tubuh manusia dapat menetralisir radikal bebas karena tubuh manusia memproduksi antioksidan alamiah yaitu Glutathione (GSH). Dengan kerusakan yang diakibatkan radikal bebas dan proses penuaan, jumlah Glutathione (GSH) semakin menurun. 

Manfaat glutathione bagi tubuh salah satunya adalah mampu mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas dan kemampuan tubuh untuk melawannya.

Tingkat stres oksidatif yang terlalu tinggi dapat memicu berbagai penyakit. Contohnya diabetes, kanker, dan rheumatoid arthritis. Nah, glutathione ini membantu mencegah dampak stres oksidatif, yang dapat mengurangi penyakit.

Hati-hati, kekurangan glutathione dapat memicu beragam masalah pada tubuh. kekurangan glutathione menyebabkan peningkatan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan kanker.

Detoksifikasi

Tubuh Anda memiliki tiga fase detoksifikasi yang terjadi secara alami. Glutathione berkontribusi pada dua fase pertama, menghancurkan radikal bebas dan membantu enzim yang memecah racun. Glutathione (GSH) dapat menetralisir zat-zat racun yang masuk kedalam tubuh, seperti dari makanan, sisa metabolisme obat, dan lain-lain. Digunakan oleh hati untuk membuang racun, serta memainkan peranan kunci dalam reaksi detoksifikasi

Meningkatkan Resistensi Insulin

Manfaat glutathione untuk kesehatan tubuh lainnya adalah mampu meningkatkan resistensi insulin pada orang tua. Seiring bertambahnya usia, tubuh lansia menghasilkan lebih sedikit glutathione. Nah, menurut sebuah studi, tingkat glutathione yang rendah dikaitkan dengan lebih sedikitnya pembakaran lemak, dan tingkat penyimpanan lemak yang lebih tinggi di dalam tubuh.

Namun, pemberian sistein dan glisin pada subjek penelitian dapat meningkatkan kadar glutathione dalam tubuh. Pada kondisi ini, resistensi insulin dan pembakaran lemak pun semakin meningkat.

Menjaga Kesehatan kulit

Glutathione adalah komponen kunci dalam regenerasi kulit yang sehat secara berkelanjutan. Protein dapat mengatur pigmen kulit, meningkatkan elastisitas, dan mengurangi kerutan. Glutathione juga dapat mengurangi efek psoriasis.

Glutathione (GSH) dengan mengatur metabolisme tubuh, memisah & menghancurkan radikal bebas, membuat Glutathione (GSH) aktif untuk merangsang regenerasi sel baru bagi tubuh.

Glutathione (GSH) dengan menetralkan radikal bebas, dan terbuangnya racun dalam tubuh, mengakibatkan kulit kita menjadi halus, bersih putih secara menyeluruh, baik wajah hingga seluruh tubuh.

Mengurangi gejala penyakit Parkinson

Penyakit parkinson mempengaruhi sistem saraf pusat dan ditandai dengan gejala seperti tremor. Saat ini tidak ada obatnya. Didapatkan sebuah penelitian tentang efek positif glutathione intravena pada gejala seperti tremor dan kekakuan. Sementara penelitian lebih lanjut masih diperlukan, laporan kasus ini menunjukkan bahwa glutathione dapat membantu mengurangi gejala, meningkatkan kualitas hidup pada orang dengan penyakit ini.

Anti Aging

Glutathione (GSH) dapat meningkatkan kandungan Colagen dalam tubuh kita terutama kulit, sehingga dapat mengurangi kerutan kerutan pada wajah dan menghambat penuaan. Glutathione adalah komponen kunci dalam regenerasi kulit yang sehat secara berkelanjutan. Protein dapat mengatur pigmen kulit, meningkatkan elastisitas, dan mengurangi kerutan. 

Tepat kalau Gluthatione (GSH) disebut sebagai anti aging. GSH memiliki berbagai efek fisiologis salah satunya ialah menghambat melanogenesis dengan menekan aktivitas tirosinase, dan pemberian GSH secara oral pada manusia mengurangi produksi melanin di kulit (Weschawalit et al. 2017).

Sumber utama Glutathione

Sumber Foto: istock 

Sumber utama Glutathione bisa kita dapatkan dari bahan alami organic seperti asparagus, brokoli, alpukat, dan bayam. Selain itu semua buah-buahan mentah dan sayuran segar sangat baik untuk meningkatkan kadar Glutathione, khususnya sayuran seperti kembang kol, kubis, dan taoge. Sumber Glutathione lainnya antara lain telur, daging segar, bawang putih, dan kunyit.

Kadar normal glutathione dalam darah adalah 1.000 - 1.900 umol/L. Selain diproduksi oleh tubuh, anda tetap bisa mencukupi kadar glutathione tubuh dari suplemen oral dalam bentuk kapsul, ataupun cairan. Glutathione sangatlah dibutuhkan tubuh. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk menjaga kebutuhan harian glutathione anda.

Ditulis oleh : dr. Dwi Fitryasari
Mahasiswa Prodi Magister Sains Biomedis Universitas YARSI

Referensi :
Gluthatione benefits, Very Well Health Diakses pada 2021
Glutahthione-The amazing Detoxification Molecule, Ask The Scientist, Diakses pada 2021

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jalan Penghubung Butuh Perhatian PemKab dan PemProv Gorontalo

Gorontalo JMI , Masyarakat Paguyaman Pantai, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo mengeluhkan dari tahun ketahun bahkan sampai dengan saat ...