WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kedatangan Bpk Zaky (Bupati Tangerang) Membawa Dampak Positif Terhadap Kec.Mauk, Khususnya Desa Ketapang

Tangerang, JMI - Keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang membangun dan membenahi kawasan pesisir di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, sebagai kawasan konservasi mangrove dan ekowisata Ketapang Aquaculture, tidak hanya menjadi kebanggaan Indonesia di kancah Internasional. 

Kecamatan Mauk juga kini berbenah menyambut event internasional Partnership in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Government (PNLG) Meeting Summit 2022. Acara ini akan digelar pada Oktober 2022 yang bettempat di Ketapang Aquaculture, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. 

Wakil Presiden PNLG Ahmed Zaki Iskandar optimistis acara tersebut berjalan lancar saat memamerkan penataan dan kesiapaan Ketapang Aquaculture yang telah dicapai hingga saat ini. "Kita memastikan kesiapan semuanya. Ketapang Aquaculture  akan menjadi tempat untuk PEMSEA Meeting Summit 2022," kata Wakil Presiden PNLG saat menerima kunjungan wartawan untuk memantau salah satu lokasi unggulan Kabupaten Tangerang tersebut
 
Ahmed Zaki Iskandar yang juga Bupati Tangerang ini mengunjungi Desa Ketapang, Jumat, (21/1/22). Sehari sebelumnya, Ketapang Aquaculture juga juga mendapat kunjungan dari Direktur Pelaksana Bank Dunia Mari Elka Pangestu. Usai kunjungan, dia mengaku bangga dan memuji penataan kawasan pesisir di Ketapang Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, sekaligus sebagai lokasi event PNLG) Meeting Summit 2022. 

Wakil Presiden PNLG Ahmed Zaki memastikan pelayanan masyarakat berjalan lancar. Begitu juga dengan semua program unggulan seperti Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan). 

Dia menjelaskan acara tersebut berangkat dari keberhasilan program Gerbang Mapan yang merupakan hasil kolaborasi atau kerjasama berbagai pihak untuk merehabilitasi pesisir pantai.  Menurut dia, melalui program Gerbang Mapan, kehidupan masyarakat pesisir dapat menjadi lebih baik.

Bpk Arief Selaku Camat Mauk"Keberhasilan itu bisa di lihat dari penataan ekosistem pesisir mulai dari masyarakat hingga lingkungannya. Konservasi mangrove sudah dimulai dari 2013, sekarang sudah terlihat hasilnya ," ujarnya. 

Lanjut Pak Zaky" Di Ketapang Aquaculture  ada 16 varietas mangrove dan ada 200 ribu lebih pohon dan bibit. Dengan adanya penanaman mangrove tersebut akan memberikan dampak positif pada lingkungan seperti mencegah abrasi yang saat ini sudah memakan pantai lebih dari satu km. 
Untuk penataan masyarakat diberikan program pembangunan rumah, diberikan perahu, hingga jaringan ikan.  Karena semakin hari nelayan semakin jauh mencari ikan akibat abrasi. 

"Ada 200-an kepala keluarga yang menjadi nelayan di Ketapang, kita bangunin koperasi. Kemudian dibangunkan rumah lewat kolaborasi Kementerian PUPR, Pemprov dan Pemkab. Disediakan juga air bersih lewat Perumdam , " jelasnya. 

Lanjut Pak Arief" mohon doa dan dukungannya, agar pandemi terus menurun sehingga PAMSEA Meeting Summit di Oktober 2022. Acara tersebut merupakan agenda rutin asosiasi kota-kota pesisir pantai di Asia Timur dapat diselenggarakan. 

"Nanti ada sekitar 12 negara mitra PAMSEA yang nantinya juga akan berkunjung ke Desa Ketapang," pungkasnya.

di tempat yang sama Kepala Desa Ketapang BPK H.A.Khatibul Umam"Saya ucapkan terimah kasih kepada Bpk Zaky (Bupati Kab Tangerang) yang sudah memberikan dampak positif terhadap desa Ketapang, dan kepada Bpk Arief (Camat Mauk) Saya memgucapkan banyak Terimah Kasih Berkat kerja keras Pak Arif, Antusias masyarakat Desa Ketapang menyambut Kedatangan Bupati Tangerang sangat luar biasa.

Namun Para tamu dan Masyaraka Desa Ketapang yang ikut memghadiri tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker,mencuci tangan dan menjaga jarak.

Pandu Prasetiya/Wahyudin/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Buntut Kontroversi Wasit Saat Lawan Qatar, PSSI Resmi Ajukan Protes ke AFC

JMI - Ketum PSSI, Erick Thohir menyatakan bila pihakya sudah melayangkan protes terkait kontroversi keputusan wasit di laga timnas U-23 In...