WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Sandiaga Uno Apresiasi E-CD Bea Cukai Ngurah Rai

Bali, JMI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memberikan apresiasi kepada Bea Cukai Ngurah Rai atas upaya digitalisasi Dokumen Customs Declaration melalui inovasi Electronic Customs Declaration (E-CD). 

Apresiasi tersebut disampaikan saat Sandiaga Uno tiba dari Australia di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Minggu malam (11/04/22).

“Ini sangat baik, dan sangat sesuai dengan arahan pemerintah untuk mendigitalisasi proses-proses yang dapat memberikan kemudahan.” ucap Sandiaga Uno di Customs Area Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Sandiaga Uno bersama 335 wisatawan dari Australia, merasakan pengalaman menjadi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dan secara langsung melalui proses yang dialami oleh PPLN di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Secara khusus, Sandiaga memberikan apresiasi atas kemudahan yang diberikan dengan adanya E-CD di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

“Dari pengalaman saya setiap kembali dari luar negeri dulu, selalu mengisi form E-CD secara manual terlebih dahulu dan itu memakan waktu. Namun dengan adanya E-CD ini sangat efektif dalam memangkas waktu dan mempermudah proses kedatangan serta customs clearance-nya.” tambah Sandiaga.
Atas hal tersebut Plt. Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Bagus Sulistijono menyampaikan keterangan bahwa Bea Cukai Ngurah Rai juga memiliki tujuan yang sama dalam memberikan fasilitasi perdagangan dan industri.

“Pada dasarnya kami satu suara untuk memberikan kemudahan, dan hal tersebut telah kami realisasikan dalam bentuk inovasi, salah satunya dengan Electronic Customs Declaration ini yang semata-mata untuk memberikan kenyamanan bagi pelaku perjalanan luar negeri yang masuk ke Indonesia melalui Bali.” ujar Bagus Sulistijono.

Bea Cukai Ngurah Rai juga ikut ambil bagian dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dengan memberikan kemudahan dalam pemeriksaan kepabeanan bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri melalui penerapan Electronic Customs Declaration atau E-CD. Aplikasi E-CD memungkinkan PPLN menyampaikan formulir Customs Declaration secara elektronik dan paperless, sejak 2 (dua) hari sebelum kedatangan, dengan mengakses cdbali.net.

TEAM/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Komisi I Melanjutkan Bahasan Anggaran Kemhan/TNI 2023

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menggelar rapat terkait Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kementerian Pertahanan/TNI tahun 2023 yang dilak...