WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Apa Itu EAFF, Federasi yang Dilirik PSSI Jika Cabut dari AFF?


JAKARTA, JMI
 --  Indonesia santer dikabarkan berencana pindah ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) lantaran kecewa dengan respons lambat Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Wacana soal kepindahan Indonesia ke EAFF mendadak muncul karena desakan netizen yang merespons gerak lamban AFF dalam menanggapi protes PSSI terkait dugaan main mata yang melibatkan Vietnam dan Thailand di Piala AFF U-19 2022.

Kedua kesebelasan dituding bermain tanpa menjunjung tinggi nilai sportivitas dan tak berniat menang setelah skor imbang 1-1 dalam laga terakhir fase Grup A Piala AFF U-19.

Hasil imbang 1-1 membuat Vietnam dan Thailand memastikan lolos ke semifinal Piala AFF U-19 meski sama-sama mengemas 11 poin bersama Indonesia.

PSSI sudah melayangkan surat permohonan ke AFF untuk menindaklanjuti potensi 'main mata' di laga Vietnam vs Thailand. Namun, surat tersebut tak kunjung direspons AFF.

Netizen Indonesia berang dan mendesak PSSI meninggalkan AFF dan memilih gabung EAFF.

Apa itu EAFF?

EAFF merupakan Federasi Sepak Bola Asia Timur yang beranggotakan 10 negara: Jepang, Korea Selatan, China, Taiwan, Guam, Hong Kong, Korea Utara, Macau, Mongolia dan Kepulauan Mariana Utara.

Organisasi olahraga ini resmi berdiri pada 28 Mei 2002, jauh lebih muda dari AFF yang disahkan sejak 1984.

Mereka memiliki turnamen rutin bertajuk EAFF E-1 Football Championship yang sebelumnya bernama Dynasty Cup.

Hingga saat ini Korea Selatan sudah mengoleksi lima gelar EAFF E-1, sekaligus pemilik trofi terbanyak di federasi. China berada di urutan kedua dengan dua trofi, sementara itu Jepang tercatat baru sekali juara.

Kendati demikian, Jepang dan Korea Selatan merupakan dua tim terkuat di Asia yang menjadi langganan mentas di putaran Piala Dunia. Jepang saat ini berada di peringkat ke-24 FIFA, sementara Korea Selatan ke-28.

 

Sumber : CNN Indonesia

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Sejumlah Eks Napiter Akan Ikrar Setia NKRI di Hari Kemerdekaan

PALU, JMI - Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 tahun. Sejumlah eks Napiter (Narapidana Teroris) ...