WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kecewa Rusia Tarik Pasukan dari Wilayah Kharkov, Pemimpin Chechnya: Kami akan Tiba di Odessa dan Merebutnya Kembali

presiden negara chechnya Ramzan Kadrov saat bertemu presiden rusia Vladmir Putin (kompas.com)

JAKARTA, JMI
-- Penarikan pasukan Rusia dari bagian-bagian Wilayah Kharkov Ukraina membuat Pemimpin Republik Chechnya Ramzan Kadyrov kecewa.

Dalam pernyataan terbarunya Kadyrov berjanji untuk membahas situasi tersebut dengan pejabat tinggi di Moskow jika tidak ada perubahan arah strategis dari konflik yang sedang berlangsung.

Selama beberapa hari terakhir, militer Rusia menarik diri dari beberapa lokasi di seluruh wilayah setelah serangan besar-besaran yang diluncurkan oleh Kiev.


"Kepemimpinannya telah membuat beberapa kesalahan," kata Kadyrov, seperti dikutip dari RT, Senin (12/9).

“Kementerian Pertahanan mengklarifikasi situasinya, karena itu mereka meninggalkan kota Izyum, Kupyansk, Balakleya di daerah Kharkov. Itu adalah tindakan paksa karena strategi militer untuk (menghindari) hilangnya nyawa,” kata Kadyrov dalam pesan suara, yang diposting Minggu malam ke saluran Telegram-nya.

Pemimpin Chechnya kemudian berjanji untuk mengembalikan semua kota tersebut.

"Orang-orang kami, orang-orang yang secara khusus dilatih untuk pekerjaan seperti itu, sudah ada di sana," kata Kadyrov.

"Dalam waktu terdekat, kami akan mencapai (kota pelabuhan barat daya) Odessa dan Anda akan melihat hasil nyata," ujarnya.

Penarikan pasukan Rusia dari Wilayah Kharkov telah dirayakan oleh para pemimpin Ukraina sebagai keberhasilan besar bagi negara itu.

“Hingga saat ini, sebagai bagian dari operasi aktif sejak awal September, sekitar 2.000 kilometer persegi wilayah kami telah dibebaskan,” kata Presiden Zelensky dalam pidato video pada Sabtu malam.

Kadyrov sempat mengatakan sedang mempertimbangkan pengunduran diri dari posisinya setelah 15 tahun, dengan menyatakan bahwa dia "telah berkuasa terlalu lama.

Pada pertengahan Mei lalu ia juga mulai menyalahkan Presiden Vladimir Putin karena perang di Ukraina ternyata berlarut-larut.

 

RMOL/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ayo Buruan Daftarkan Diri Anda! Bawaslu Subang Rekrutmen Pengawas ADHOC Khusus Panwaslu Kecamatan di Pilkada 2024

Koordinator Divisi SDM organisasi Diklat Bawaslu, ketua Pokja Rekrutmen panwascam pilkada Subang 2024 Imanuddin Subang, JMI – D...