WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Mensos Minta Laporkan Ketua RT yang Halangi Warga Terima BLT

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyatakan jika ada ketua RT yang menghalangi warga menerima BLT langsung laporkan. (cnn.indonesia)

JAKARTA, JMI
-- Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meyakini penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM akan tepat sasaran karena pihaknya konsisten memperbarui data penerima. Hanya saja, apabila masih ada masyarakat miskin yang dihalang-halangi untuk masuk daftar penerima, dia meminta untuk segera melapor.

Misalkan, kata Risma, jika ada masyarakat miskin yang layak masuk daftar penerima bansos, tapi tak didaftarkan oleh ketua RT setempat yang lebih memprioritas orang dekatnya. Masyarakat yang diperlakukan demikian diharapkan membuat laporan ke sejumlah kanal Kemensos.

"Apabila terhambat oleh ketua RT, silahkan saja mengusulkan nama di menu Usul Sanggah pada aplikasi CekBansos, atau melapor melalui command center kami di 021171, maka akan ditindaklanjuti," kata Risma dalam siaran persnya, Rabu (7/9/2022).

Setelah nama yang diusulkan masuk ke Kemensos, kata Risma, selanjutnya akan dilakukan pengecekan kelayakan untuk menerima BLT. "Kalau datanya benar, akan dicek rumahnya dan selanjutnya (nama dia) akan diusulkan ke pemerintah daerah," ujar eks wali Kota Surabaya itu.

Untuk diketahui, pemerintah mengalokasikan dana Rp 12,4 triliun untuk program BLT. Program ini merupakan pengalihan subsidi atas BBM, yang harganya baru saja dinaikkan. BLT ini diberikan kepada 20,65 juta keluarga miskin. Nilainya Rp 150 ribu per keluarga per bulan, selama empat bulan.

Penyaluran BLT ini pertama kali dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada 100 keluarga miskin di Kabupaten Jayapura, Papua, pada penghujung Agustus lalu.

Kini, lanjut Risma, penyaluran BLT BBM tersebut sudah berlangsung di 445 kabupaten/kota. Penyalurannya dilakukan oleh PT Pos Indonesia. Kemarin, Kemensos telah menyerahkan dana BLT kepada PT Pos sebesar Rp 1,7 triliun.

 

RPBLK/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ketua KNPB Mimika Ditangkap Terkait Suplai Senjata Ilegal ke KKB Papua

gambar hanya ilustrasi JAKARTA, JMI -- Satgas Ops Damai Cartenz  kembali menangkap dua tersangka dalam kasus dugaan suplai senjata dan amuni...