WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Ribuan Warga Serbia Demo Tolak Parade Gay dan LGBT: Rusak Moral

pemuka agama dan aktivis serbia menentang penyelenggaran parade LGBTQ (reuters)

JAKARTA, JMI
-- Ribuan aktivis agama dan kaum sayap kanan turun ke jalanan di ibu kota Serbia, Beograd, menolak pawai tahunan perayaan Gay Pride Eropa atau EuroPride yang akan berlangsung pekan depan.

Mereka menilai pawai ini merusak nilai-nilai keluarga lantaran mendukung kaum lesbian, gay, biseksual, transgender/transeksual, queer (LGBTQ) itu. 

Para pengunjuk rasa membawa bendera Serbia berukuran besar sambil meneriakkan slogan yang mendukung kelompok nasionalis.

Dalam aksi itu, ada pula sekelompok sepeda motor yang mendukung Presiden Rusia Vladimir Putin dan invasinya ke Ukraina. Orang-orang ini berkendara menuju Katedral St Sava di Beograd.

Kepala Gereja Ortodoks Serbia, Uskup Porfirije, mengatakan acara EuroPride mengancam nilai-nilai tradisional keluarga.

"Mereka ingin menodai kesucian pernikahan dan keluarga, dan memaksakan persatuan yang tak wajar sebagai pengganti pernikahan," kata dia dalam sebuah khotbah di depan orang banyak.

Sebelumnya, Presiden Serbia, Aleksandar Vucic, mengatakan membatalkan pawai EuroPride dengan mengatakan pihak berwenang belum memberikan izin perayaan acara itu.

Vucic pun menyerahkan kepada polisi apakah akan membubarkan acara yang mendukung kelompok lesbian, guy, biseksual, transgender/transeksual, queer (LGBTQ) itu. 

Meski menghadapi ancaman, kelompok LGBTQ dan hak asasi manusia bersikeras akan menggelar pawai akhir pekan depan bahkan jika pihak berwenang membatalkannya.

Gay merupakan hal legal di Serbia. Namun, pernikahan sesama jenis tak diperbolehkan. Selain itu, para aktivis mengatakan orang-orang LGBT kerap menghadapi permusuhan dan diskriminasi.

Dikutip Reuters, pemerintah Serbia telah melarang parade Gay Pride di masa lalu. Beberapa acara di awal 2000-an dirusak dengan kekerasan.


CNNI/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Rizky Billar Tidak Hadir Dalam Panggilan Polres Jakarta Selatan

foto saat kebersamaan Rizky dan Lesti makan di restoran dinnerinthesky di jakarta/net JAKARTA, JMI – Siang ini Nampak Rizky Billar tidak ha...