WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Masmindo Serahkan Bantuan Alat USG, Puskesmas Latimojong yang Pertama Miliki USG Portable di Luwu


Luwu JMI,
Ketiadaan fasilitas deteksi perkembangan janin bagi ibu hamil, ultrasonografi (USG) di Puskesmas Latimojong selama ini akhirnya terjawab pada 19 November 2022 dengan adanya bantuan PT Masmindo Dwi Area (Masmindo).

 Bantuan ini diserahkan Manager Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat (CDE) Masmindo Rahmad Sabang kepada pihak Puskesmas Latimojong, yang diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu dr Rosnawary, M.Tr. Adm. Kes, dengan didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat, Kepala Puskesmas Latimojong Mardi Madin, M.Kes, sejumlah dokter spesialis dari Rumah Sakit Batara Guru, disaksikan Camat Latimojong Supriadi S.Pd, MM, Kepala Desa Boneposi Hamka S.Pd, sejumlah tokoh masyarakat, serta perwakilan Manajemen dan karyawan Masmindo.

Selain 1 (satu) unit USG, Masmindo juga menyerahkan 1 (satu) unit elektrodiagram (EKG), alat untuk mendeteksi masalah kesehatan yang berkaitan dengan jantung. Dengan adanya bantuan ini, Puskesmas Latimojong tercatat sebagai puskesmas pertama di Kab. Luwu yang memiliki fasilitas ini. 

"Apresiasi dan terima kasih kami kepada Masmindo yang selalu hadir bersama Pemerintah Kabupaten Luwu, dan bekerjasama dengan Rumah Sakit Batara Guru serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI Luwu), dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Di masa pandemic COVID-19 lalu, Masmindo juga telah memberikan bantuan tabung oksigen, rapid antigen, dan seperangkat APD. Dan hari ini, berkat kontribusi Masmindo, Puskesmas Latimojong menjadi yang pertama di Kab. Luwu yang memiliki USG dan EKG", demikian ucap Kepala Dinas Kesehatan Luwu dalam sambutannya.

Kepala Dinas Kesehatan juga menegaskan bahwa USG hanya bisa dioperasikan oleh dokter yang bersertifikat, dan saat ini dr. Munawir Mulfa, sebagai dokter Puskesmas Latimojong sementara mengkuti pelatihan penggunaan USG yang sudah akan selesai, dan akan memiliki sertifikasi di akhir November ini.

Sehingga momentum kehadiran alat yang dikontribusikan Masmindo ini sangatlah tepat. 

Penyerahan bantuan dilaksanakan di Kantor Desa Boneposi, Kecamatan Latimojong. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKAN) ke-58, bekerjasama dengan Dinkes Luwu dan IDI Luwu.

Kegiatan kemudian dirangkaikan dengan pengobatan penyakit spesialis yang diberikan oleh tiga dokter yang turut hadir di Boneposi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Adapun dokter spesialis tersebut adalah masing-masing dokter spesialis mata, spesialis penyakit dalam dan spesialis kandungan. 


Kepala Desa Boneposi Hamka, S.Pd ikut berterima kasih kepada Dinas Kesehatan, IDI dan Masmindo yang menginisiasi program ini, khususnya terkait pengobatan mata dan pemeriksaan ibu hamil. 

‘’Masyarakat kami sangat jarang mendapatkan pemeriksaan mata, sehingga kegiatan ini sangat bermanfaat. Kami berharap semoga ini bisa dilakukan secara rutin ke depan’’, harapnya.  

Manager CDE Masmindo Rahmad Sabang menyatakan, “Program ini merupakan wujud komitmen moral Masmindo untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya lansia yang mengalami masalah kesehatan mata dan ibu hamil”. Tambahnya,

"Harapan kami, dengan adanya USG ini dapat membantu masyarakat, khususnya ibu hamil, untuk  mendeteksi perkembangan janin secara akurat, sehingga bisa mendapatkan perlakuan yang tepat sesuai usia kehamilan dan perkembangan bayi. Ini merupakan upaya kita bersama untuk memastikan lahirnya bayi-bayi sehat di Latimojong"


TENTANG PT MASMINDO DWI AREA

PT Masmindo Dwi Area adalah Pemegang Izin Kontrak Karya sejak 1998 untuk Proyek Awak Mas di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan. PT Masmindo Dwi Area berkomitmen menerapkan kaidah pertambangan yang baik dalam operasinya, termasuk pelaksanaan tanggung jawab sosial dan pengelolaan lingkungan, serta memberikan manfaat berkelanjutan bagi para pemangku kepentingannya, khususnya warga masyarakat terdekat wilayah tambang.


M. Aris/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Bocah Tenggelam di Pantai Pangandaran Ditemukan di Pantai Barat Tadi Pagi

PANGANDARAN JMI, Bocah yang tenggelam di laut Pangandaran, kini sudah ditemukan dan dievakuasi tim relawan SAR. Jenazah bocah berusia 10 ta...