WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Mangkrak 6 Tahun, Jokowi Tinjau Proyek Sodetan Ciliwung


JAKARTA, JMI
- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan sodetan dari Sungai Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta Timur, Selasa (24/11). Proyek pembangunan ini sempat mangkrak selama enam tahun.

Pantauan awak media, Jokowi ditemani oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Peninjauan dilakukan di tiga titik yaitu inlet Kali Ciliwung, arriving shaft/titik pertemuan dan outlet.

Usai tinjauan, Jokowi mengatakan penanganan banjir di Jakarta harus dilakukan dari hulu ke hilir. Pemerintah, kata dia, sebelumnya telah membangun Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di bagian hulu.

"Di hulu udah kemarin selesai dibangun Bendungan Ciawi kemudian Bendungan Sukamahi. Di bawah udah sampai Jakarta masih ada masalah, sekarang sebentar lagi akan selesai ini April, insya Allah udah selesai, Sodetan Ciliwung yang sudah berhenti enam tahun," kata Jokowi.

Ia mengatakan pembangunan sodetan itu akan sangat mengurangi banjir Jakarta.

Jokowi menyebut usai sodetan, penanganan banjir Jakarta tinggal melakukan normalisasi sungai hingga pembangunan tanggul untuk mencegah banjir Rob.

"Pompa yang ada di sungai-sungai dan juga normalisasi Ciliwung, normalisasi 12 sungai yang ada.... kalau kita ingin Jakarta tidak banjir, plus yang di utara banjir rob, baik dengan tanggul laut maupun dengan giant sea wall itu juga segera dimulai, saya udah perintahkan Gubernur DKI," katanya.

Sebelumnya, untuk melanjutkan proyek pembangunan itu, Pemerintah Kota Jakarta Timur menertibkan sebanyak 59 bangunan di Jalan IPN Kebon Nanas, RT 009 RW 06, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, ditertibkan oleh pemerintah setempat, Kamis (12/1).

"Diharapkan dengan terbangunnya sodetan, rumah warga yang berada dekat aliran kali Ciliwung bisa terbebas dari banjir," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar.

Sumber CNNIndonesia

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jumat Berkah Penjualan Paket Nasi 10 ribu Dengan Harga 5 ribu Kembali Digelar

Jakarta JMI, Lagi, acara Jumat Berkah Salah satu program dari Yayasan JURNAL MEDIA Indonesia (JMI) Peduli, Penjualan Paket Nasi Bungkus 10 ...