WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

PT.JAP Diduga Tidak Miliki IUP Sesuai Koordinat, Aktivitas Bisnis Tanah Merah Pembukaan Jalan Baru Serang Panjang-Cipeundey Subang Mulai di Sorot Publik

Subang, JMI - Aktivitas pembukaan ruas jalan baru  Kec Cipeundeuy – Kec Serangpanjang yang dilakukan PT Jalupang Anugrah Panimuan (JAP) yang mulai disorot publik. 

Sorotan itu mengemuka pasca terjadinya insiden ‘penyanderan’ puluhan truk pengangkut sampah oleh warga di Desa Cimayasari Kec.Cipeundeuy dua pekan kemarin gara gara nekad melintasi jalan pemukiman warga di dua desa itu menuju TPA Jalupang, dikutip dari metrobuana.id, Minggu (1/1/2022).

Puluhan supir truk pengangkut sampah saat di tanya warga itu mengaku terpaksa menggunakan jalan pemukiman di Desa Cipeundeuy dan Desa Cimayasari  karena kondisi infrastruktur jalan khusus yang dibuat Pemkab Subang menuju Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Jalupang. Sudah lama kondisinya hancur karena selama ini jalan khusus itu sering digunakan aktifitas truk pengangkut tanah merah yang diduga salah satu bisnisnya PT JAP.

Anggota DPRD Subang, H Ujang Sumarna mengatakan bahwa kerusakan jalan khusus untuk lalu lintas truk pengangkut sampah menuju TPA Jalupang yang saat Tahun 2020 /2021 lalu diperkeras menggunakan biaya APBD senilai Rp 3 Milyar itu, diduga kuat disebabkan oleh adanya lalu lintas armada truk berat jenis tronton pengangkut tanah merah PT JAP, "imbuhnya.

Lebih lanjut, H Ujang mencurigai aktifitas ‘bisnis’ tanah merah PT JAP sebagai pihak yang dipercaya Pemkab Subang untuk mengerjakan pembukaan ruas jalan baru sepanjang 28 KM lebar 20 Meter di Kec Cipeundeuy menuju ke Kec Serangpanjang tidak memiliki IUP sesuai koodinat.

Untuk hal itu, kami minta pihak Mabes Polri mengusut dugaan adanya kejahatan perijinan tambang tanah merah yang meresahkan itu,“ Tandas H Ujang kepada awak media.

Sementara itu Direktur Operasional PT Jalupang Anugrah Panimuan (JAP) Helmi Sopyan saat dihubungi media Minggu (1/1/2023) mengaku, "PT JAP sudah memiliki Ijin Usaha Pertambangan (IUP), Adapun soal aktfitas pengangkutan tanah merah itu adalah aktifitas pembukaan ruas jalan baru dari Kec Cipeundeuy-Kec.Serangpanjang," Jelas Helmi.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Usai Melindas, Purnawirawan Eko Tak Bawa Hasya ke RS

JAKARTA, JMI - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Hasya Attalah Syahputra (HAS) terlindas mobil yang dikemudikan oleh purnawirawan Polri,...