WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Viral Bayar Parkir Minimarket Disebut Pungli, Jukir dan Indomaret Bilang Gini


Jakarta JMI
, Kehadiran juru parkir (jukir) di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart kembali menghebohkan media sosial. Hal itu karena kedua gerai tersebut sebenarnya tidak memungut tarif kepada pengunjung alias gratis.

Menanggapi hal tersebut, Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama, Bastari Akmal mengatakan bahwa Indomaret tidak pernah memungut biaya parkir dan tidak pernah mempekerjakan petugas parkir.

"Pengaturan kawasan dan juru parkir adalah sepenuhnya kewenangan masing-masing Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Dinas Perhubungan (Dishub)," ujarnya, Selasa (17/01/2023).

Sebelumnya diberitakan, sempat viral di Twitter soal tarif parkir di minimarket seperti Alfamart dan Indomaret. Salah satu akun Twitter @Midjan_La_2 menyebutkan seharusnya pengunjung minimarket tidak perlu membayar parkir lantaran kedua minimarket tersebut telah membayarkan retribusi kepada pemerintah kota/kabupaten.

"Indomaret + Alfamart di seluruh Indonesia sudah membayar retribusi parkir ke pemkot/pemkab. Jadi tidak ada hak bagi tukang parkir untuk meminta duit lagi dari pengunjung. TOLONG DISEBARKAN AGAR MASYARAKAT TAHU DAN KOMPAK MENOLAK MEMBAYAR PUNGLI KEPADA PREMAN BERKEDOK JUKIR," cuitnya, dikutip Selasa (17/1/2023).

Cuitan tersebut disertakan video polisi yang dinarasikan mendatangi salah satu minimarket di wilayah hukum Polsek Rungkut. Polisi tersebut menanyakan langsung kepada pihak minimarket dan juru parkir. Cuitan ini di-retweet 11.500 kali dan disukai 18.800 akun.

Salah satu jukir di Alfamart kawasan Fatmawati menuturkan kalau dirinya sudah bekerja di situ selama lima tahun. Ia biasa jaga di gerai tersebut dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, setelah itu digantikan oleh temannya.

Menurutnya, selama menjadi jukir di situ tidak ada protes dari pengunjung di sana. "Di sini nyaman-nyaman saja, nggak pernah ada masalah di sini. Ngapain protes Rp 2 ribu perak? Kan motornya sudah saya jagain," katanya.


sumber : detik.com 

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Disperkim Kota Bandar Lampung Aprisiasi Sinergitas Program BSPS

BANDAR LAMPUNG, JMI - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan pada tahun 2...