WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

BNPB RI Berikan bantuan Logistik dan Sarana Penanggulangan Bencana, di terima Bupati Subang


Subang JMI,
Acara Serah Terima Bantuan Logistik Penanggulangan Bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk Kabupaten Subang di hadiri Bupati Subang H.Ruhimat serta Direktur dukungan BNPB pusat,Wakil ketua komisi 1 DPR RI, Danlanud Suryadarma Kalijati, Kapolres Subang, Kasdim 0605 subang, sekertaris daerah kabupaten Subang, asisten daerah bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat,kalak BPBD Subang,para camat dan tamu undangan lainnya.bertempat di Rumah Dinas Bupati, Senin (06/03/2023).

Pemberian bantuan dari BNPB untuk Kabupaten Subang tersebut merupakan hasil dari kunjungan Bupati Subang ke BNPB Pusat pada tanggal 2 Maret lalu untuk membahas terkait penanganan banjir di Kabupaten Subang. Bantuan bagi Kabupaten Subang tersebut diserahkan secara simbolis oleh Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjend. TNI Fajar Setyawan S.I.P. Bantuan yang diberikan kepada Kabupaten Subang berupa 1 unit excavator amphibi 200 PC, selimut dan matras masing-masing sebanyak 500 buah, dana siap pakai 300 juta, dan bantuan pemenuhan kebutuhan logistik senilai 200 juta rupiah.

Pada kesempatan tersebut Bupati Subang H.Ruhimat menghaturkan terima kasih dan  menuturkan apa yang diberikan oleh BNPB merupakan anugerah bagi Kabupaten Subang yang akan sangat berguna dalam penanggulangan dan pencegahan bencana di Kabupaten Subang.

"Ini sebuah naugerah karena ini di luar perkiraan kami. Demikian cepatnya realisasi bantuan yang kami mohonkan. Saya sangat menghaturkan terima kasih karena sangat singkat kami dapat bantuan sesuai dengan kebutuhan kami. Excavator yang diberikan akan sangat bermanfaat karena terjadinya banjir menahun ini diantaranya akibat dari pendangkalan sungai yang melintas." paparnya.


Kepada BNPB dan seluruh pihak yang turut mendukung terealisasinya bantuan tersebut Bupati Subang H.Ruhimat mewakili masyarakat Kabupaten Subang mengucapkan terima kasih.

Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjend Fajar Setyawan S.I.P membuka sambutannya menyampaikan bencana alam merupakan hal yang lumrah terjadi di seluruh daerah di Indonesia sehingga yang paling penting dilakukan adalah tindakan mitigasi untuk meminimalisir dampak bencana.

"Seluruh Kabupaten Kota 514 di Indonesia tidak ada satupun yang dinyatakan aman dari bencana alam bahkan di tahun 2022 angka bencana alam Indonesia tertinggi di dunia. Kita hanya bisa meminimalisir dampak bencana alam utamanya dengan melakukan mitigasi dan pencegahan bencana." ungkapnya.

Lebih lanjut, Mayjend Fajar menyampaikan bahwa Terkait bantuan yang diberikan untuk Kabupaten Subang Mayjend Fajar berharap mampu dimanfaatkan dan dirawat dengan baik agar mampu digunakan dengan optimal hingga beberapa waktu mendatang.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bantuan dana siap pakai, bantuan logistik, selimut dan matras, serta 1 unit excavator amphibi dari BNPB untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Subang oleh Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB dan Anggota DPR RI Komisi 1 kepada Bupati Subang H.Ruhimat.

Di tempat terpisah,Mayjend TNI (Purn) TB Hasanuddin Anggota Komisi 1 DPR RI mengaku terharu dengan cepatnya realisasi bantuan dari BNPB untuk Kabupaten Subang.

"Saya trenyuh atau tersentuh terharu karena betapa singkat bantuan ini terealisasi. Saya yakin BNPB diisi oleh perwira berdedikasi tinggi."tuturnya.

Menutup sambutannya Mayjend TNI (Purn) TB Hasanuddin menghaturkan terima kasih atas bantuan dari BNPB untuk Kabupaten Subang.

"Terima kasih atas nama rakyat Subang."ungkapnya.

Ditemui awak media, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjend Fajar Setyawan S.I.P menyatakan bantuan excavator dapat digunakan untuk menormalisasi sungai di Kabupaten Subang sekaligus mengapresiasi Bupati Subang dan jajaran yang dapat menanggulangi banjir pantura terbukti dengan tidak adanya korban jiwa.

"Bantuan itu bisa untuk normalisasi pendangkalan sungai. Saya juga haturkan teruma kasih kepada Kang Jimat dan Kalak BPBD Sunang atas penanggulangan banjir di mana tidak ada korban meninggal dunia yang artinya penangnanan mitigasi sudah verjalan dan akan dikuatkan dengan normalisasi agar nanti ketika terjadi bencana ke depan dapat diminimalisir."

Kepada awak media Bupati Subang sekali lagi menghaturkan terima kasih kepada BNPB dan seluruh pihak yang mendukung terealisasinya bantuan bagi Kabupaten Subang.

Bupati Subang H.Ruhimat menyatakan bantuan yang diberikan akan sangat bermanfaat bagi penanggulangan dan pencegahan bencana khususnya bencana banjir di wilayah Kabupaten Subang.

"Anugerah buat rakyat Subang demikian cepatnya diberikan bantuan dari BNPB. Di subang ada banjir musiman karena sungai yang dangkal sehingga kami Forkopimda menghadap ke Kepala BNPB atas rekomendasi Anggota Komisi 1 DPR RI di mana setelah Rakornas Penanggulangan bencana kami menghadap, dan Alhamdulillah hari ini kita terima bantuan dari BNPB. InsyaAllah bantuan ini akan sangat bermanfaat untuk normalisasi sungai maupun bantuan sembako. Dengan alat bantuan tersebut kita akan bergulir dari sungai ke sungai mudah-mudahan tidak terjadi lagi banjir musiman di Kabupaten Subang." Pungkas Bupati Subang.


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ayo Buruan Daftarkan Diri Anda! Bawaslu Subang Rekrutmen Pengawas ADHOC Khusus Panwaslu Kecamatan di Pilkada 2024

Koordinator Divisi SDM organisasi Diklat Bawaslu, ketua Pokja Rekrutmen panwascam pilkada Subang 2024 Imanuddin Subang, JMI – D...