WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Focus Group Discusion ROASTING Untuk Wujudkan Percepatan Penurunan Stunting di Kab.Sukabumi

SUKABUMI, JMI - Focus Group Discusion Rabu Observasi dan Aksi Sinergi Penanganan Stunting ( Roasting ) Kab Sukabumi secara Hybrid di hadiri Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri di Pendopo Sukabumi, Rabu, (24/05/23).

Hadir Pada acara tersebut Kadis Kominfo, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis DKUKM, Kadis Pertanian, Baperlitbangda, DPPKB, DPMD, Dinkes, DP3A serta Disdik.

Dalam sambutanya Wabup menegaskan melalui gerakan ini bisa di identifikasi inovasi-inovasi yang sudah dilakukan oleh kecamatan dan desa dalam mendukung percepatan penurunan di Kabupaten Sukabumi,

Pelaksanaan program prioritas terkait percepatan penurunan stunting harus terkoordinasi dengan baik, serta menguatkan peran seluruh stakeholders pembangunan dalam upaya mewujudkan Kabupaten Sukabumi Zero New Stunting.

” Dalam penanganan stunting dibutuhkan kolaborasi multi sektor dan kolaborasi multi-stakeholder dengan pola pentahelix yaitu melibatkan pemerintah, dunia usaha, organisasi masyarakat/LSM/NGO, akademisi, dan media. Saya berharap terjadinya sinergi, baik kebijakan maupun aksi intervensi yang sejalan dengan upaya penanganan di Kabupaten Sukabumi”

"Selain itu mengidentifikasi potensi sumber daya, kapasitas kecamatan dan desa yang dapat dikembangkan dan potensi kerjasama non pemerintah dalam perlaksanaan percepatan penurunan stunting terintegrasi di kecamatan dan desa”. tegasnya
Disela acara Juga diadakan ekspose penanganan stunting di Kecamatan diantaranya Kecamatan Cisolok yang disampaikan oleh Camat Cisolok Asep Rusli Rusmawijaya, dalam penyampaiannya disebutkan bahwa Kec Cisolok terdiri dari 13 desa pada tahun 2022, ada dalam posisi di 6,70 % dan pada tahun 2023 turun 6,50 %. Inovasinya yang dikembangkan di Kec Cisolok adalah Jaring Cinta, Gerhana dan Rabu Stimas.

Camat Cikembar H.Tamtam Alamsyah menjelaskan bahwa dalam upaya menurunkan angka stunting, kecamatan Cikembar memiliki program yang disebut Pepeling, yaitu Percepatan Penurunan Laju Stunting. Selain itu, ada lelang kebaikan peduli stunting yang akan digunakan untuk mendukung program stunting di wilayah kecamatan Cikembar sehingga angka stunting di wilayahnya bisa turun.jelasnya.

Camat Pabuaran Rd. Ade Aksan Bratadireja seluruh ibu hamil diberikan makanan tambahan untuk menambah gizi dan percepatan penurunan Stunting, penanganan masalah stunting tidak bisa hanya diserahkan kepada pemerintah. Warga masyarakat harus bergerak bersama-sama untuk saling mengingatkan tentang bahaya stunting bagi masa depan bangsa Indonesia.

Dikesempatan yang sama Tim Pakar Audit Kasus Stunting DPPKB dr. Eni S.PA menjelaskan masalah gizi harus diperhatikan dan orang tua harus memberikan nutrisi bagi balita serta pengukuran balita harus benar benar teliti.

Senada dengan itu, dr.Nila Kusumah. S.POG pemantauan Ibu hamil harus selalu diperhatikan dan selalu diperiksa di Posyandu sehingga pantauan tiap bulanya akan terdeteksi, hal penting lainnya yang juga tak kalah penting adalah pemberian tamblet tambah darah kepada Ibu hamil dan penyuluhan calon pengantin terkait edukasi nutrisi.imbuhnya.

TIM/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Apel Besar dan Halal Bihalal Perumda Air Minum Tirta Rangga Kab.Subang Tahun 2024

Subang, JMI - Pj. Bupati Subang Bertindak sebagai pembina Apel Besar yang bertempat di Halaman Kantor Perumda air minum Tirta R...