WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kemdikbud himbau untuk selalu melaporkan hal yang berbau kekerasan di lingkungan sekolah


Rabu 13 Juli 2016 | 09:21 WIB
Kemendikbud - Anies Baswedan
Jakarta, JMI – Di era globalisasi dan teknologi sudah sepatut nya kita menggunakan nya untuk kepentingan yang positif bukan melainkan untuk menjurumuskan ke dalam hal berbau negatif ,khusunya di lingkungan sekolah.

Dalam mendidik dan menjaga para sekolah nya para guru dituntut untuk berperan penuh untuk itu semua, karna jika itu itu tidak terpenuhi akan semakin banyak kasus-kasus yang bermunculan seperti bullying dan kekerasan yang sampai saat ini masih santer terdengar di lingkungan sekolah.

Menurut kemendikbud , anies baswedan kekerasan yang terjadi membuat orang tua atau wali murid tidak tahu harus lapor kemana apabila telah terjadi kekerasan yang menimpa anak-anak nya. Untuk itu beliau memberikan nomor pengaduan untuk melaporkan segala bentuk kekerasan di lingkungan sekolah ke layanan pengaduan resmi di nomor 0811-976-929.

"Melalui nomor ini mereka bisa langsung menghubungi kami untuk melaporkan dan akan langsung kami selidiki," katanya di Jakarta, Rabu (13/7).Selain itu kemendikbud juga memberikan situs resmi dan fungsi serupa yang beralamat di www.sekolah.halaman.go.id

Anies menjelaskan, pemerintah meluncurkan program pengaduan tersebut karena banyaknya aksi kekerasan atau bullying yang dilakukan siswa senior terhadap juniornya di sekolah. Padahal bullying sudah tidak relevan dengan dunia pendidikan Indonesia karena dianggap sebagai warisan era kolonialisme. 

Untuk itu, dia mengimbau pihak-pihak yang menjadi korban kekerasan di sekolah tidak perlu takut untuk melapor kepada orang tua atau guru.Lebih jauh, Anies menegaskan, pihak sekolah yang tidak mau menyelesaikan kasus kekerasan di lingkungannya akan diberikan sanksi tegas."Kita harap dengan regulasi ini bisa memastikan bahwa negara hadir, dan kami akan mengerahkan seluruh aparatur untuk mengawal ini," imbuhnya.

(rmol/red)
Editor : Saddam Al-Khadafi
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dukung Produktivitas Pertanian, Dinas PUTR Majalengka Gencar Optimalisasi Saluran Irigasi

MAJALENGKA, JMI - Dalam upaya menjaga ketersediaan air bagi sektor pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupat...