WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Jemaah Nafar Awal Mulai Tinggalkan Mina Sore Ini

RABU, 14 SEPTEMBER 2016 | 16:30 WIB

Ilustrasi Haji

MEKKAH, JURNALMEDIAIndonesia.com – Jemaah Haji Indonesia yang mengambil nafar awal mulai meninggalkan Mina, Arab Saudi. Rombongan jemaah diangkut armada bus yang telah disiapkan oleh Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

“Jemaah nafar awal mulai diangkut dari Mina untuk kembali ke hotel di Makkah sejak pagi tadi, pukul 06.30 waktu Arab Saudi (WAS). Kami telah menyiapkan 21 bus untuk mengangkut jemaah di setiap maktab,” kata Kepala Bidang Transportasi Subhan Cholid, Rabu (14/09).

Terhadap jemaah yang mengambil nafar awal, hari ini menjadi waktu terakhir jemaah haji berada di Mina. Mereka harus sudah keluar dari Mina sore ini, sebelum terbenamnya matahari. Sebelum kembali ke hotel di Makkah, mereka harus melaksanakan lontar jumrah ula, wustha, dan aqabah di jamarat untuk yang terakhir kalinya. “Bus akan beroperasi secara taraddudi (shuttle) sampai dengan pukul 16.00,” terang Subhan.

Dari hasil pantauan di Mina, Subhan mengatakan bahwa pergerakan jemaah sejak pukul 06.30 WAS sudah terlihat di Maktab 33 43 serta Maktab 10 25. Adapun jemaah yang akan mengambil nafar tsani, harus menginap satu malam lagi di Mina sampai dengan 13 Dzulhijjah atau 15 September 2016.

Terkait jumlah jemaah yang melakukan nafar awal dan nafar tsani, Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat menjelaskan bahwa data awal yang masuk jumlahnya berimbang. Hanya saja, Arsyad memprediksi kalau dalam pelaksanaannya ada kecenderungan pilihan untuk melakukan nafar awal akan bertambah.

(Baca: Menag Apresiasi Jemaah Haji Patuhi Jadwal Lontar Jumrah)

“Sampai saat ini kita belum punya data fix. Berdasarkan laporan masuk, ada kecenderungan nafar awal bertambah,” tandasnya.

Kepada para petugas sektor, Arsyad mengimbau untuk bersiap diri dalam menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia di hotel masing-masing di Makkah.

Untuk memastikan pelayanan tetap berjalan, Arsyad menginstruksikan petugas pelayanan umum untuk kembali melekat pada tugas masing-masing di setiap hotel seperti yang sudah berjalan pada periode kedatangan jemaah dari Madinah dan Tanah Air.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KPU Subang Buka Sayembara, Umumkan Pembuatan Maskot dan Jingle Pilkada 2024, Berikut Ini Ketentuan dan Syaratnya

Subang, JMI – Komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Subang mengadakan sayembara pembuatan maskot dan jingle pemilihan Bupati da...