WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pengalokasian Dana Desa (Dd) Tahap 1 Sesuai Rab

RABU 07 SEPTEMBER 2016 | 16:23 WIB

Ciamis- Koran JMI - Kepala Desa Sukamulya, Surahman, SI.p, tepatnya di Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dalam mengerjakan Dana Desa (DD) tahun 2016 tahap 1 mengutamakan mutu untuk meningkatkan kualitas pembangunan DD.

Kades Sukamulya tentunya bermusyawarah dengan semua pihak terkait untuk tercapainya hasil pembangunan yang maksimal dan musti disertai kerja keras sehingga mampu membuahkan hasil yang baik dan warga masyarakat merasakannya secara maksimal.

Sewaktu Kepala Desa Sukamulya Surahman SI.p. ditemui JMI diruang kerjanya belum lama ini, dirinya memaparkan terkait pembangunan DD Tahun 2016 tahap 1 pekerjaannya dilaksanakan sesuai dengan RAB sehingga penggunaan DD dilakukan dengan sebaik-baiknya, transparan, dan sangat terbuka terhadap publik.

Adapun adanya keterlambatan pengaspalan jalan dan pekerjaan Tembok Penahan Tanah (TPT) di depan kantor desa itu, hanya adanya kesalahan teknis saja. Pasalnya, alat berat yang akan digunakan, hanya sedikit sehingga pada saat yang bersamaan juga sedang digunakan untuk pengerasan jalan di desa Bantardawa.

Sementara, JMI sudah berupaya untuk menemui Maman Suherman Ketua Tim Penggerak Kegiatan (TPK) belum terpenuhi, dua kali datang ke kantor Desa Sukamulya tidak ketemu mendatangi rumahnya juga tidak ketemu, JMI titip nomor handphone kepada istrinya, namun tidak ada respon. Upaya JMI menghubungi Maman Suherman via handphone tidak ada jawaban dan terakhir (5/9) JMI mendatangi kantor UPK di kecamatan Purwadadi menemui ketua UPK Ibu Elis Mulyani tidak mendapatkan solusi,

Disisi lain, program DD untuk kabupaten Ciamis disetiap kecamatan sedang berjalan hingga mencari alat berat sedikit mengalami kesulitan, oleh karena itu saya sebagai kepala desa Sukamulya baik secara pribadi maupun secara kepermeintahan, mohon maaf atas keterlambatan pembangunan tersebut kepada seluruh warga masyarakat desa Sukamulya.

JMI mendengarkan apa yang dikemukakan Surahman SI.p. kades Sukamulya yang pembawaannya sangat lugu dan bersahaja ikut terenyuh dan hanyut terbawa dalam suasana yang haru, ia mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT bahwa amanah serta kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat selama 2 periode kini tinggal beberapa bulan lagi akan berakhir.

Masih menurut kepala desa, bahwa DD di desa Sukamulya dialokasikan setidaknya untuk 4 titik kegiatan, antara lain di dusun Karanganyar ada 2 kegiatan pembangunan TPT dan pengaspalan jalan, begitu juga didepan kantor desa Sukamulya ada 2 kegiatan pembanagunan TPT dan pengaspalan, jumlah keseluruhan untuk keempat titik kegiatan panjangnya mencapai ribuan meter.

Dirinya berkeyakinan, adanya pembangunan tersebut setidaknya dapat memperlancar transportasi dan bisa untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat.

“Sesuai dengan amanat Undang- Undang No. 18 Tahun 2008 untuk pengelolaan uang negara harus dilakukan secara transparan, terbuka, akuntable, dan bisa dipertanggung jawabkan secara prosedur maka dalam penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2016 di Desa Sukamulya semua pekerjaannya sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan.” Ucapnya sembari mengakhiri pembicaraan.
(team jmi/red.)
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Bulog dan PT.PSI Gelar Tanam Padi Bersama dan Kolaborasi On Farm

Karawang, JMI - Perum Bulog bekerja sama dengan PT. Padi Sehat Indonesia (PT. PSI) menggelar ‘Tanam Padi Bersama dan Kolaborasi on Farm’ b...