WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Program Dana Desa Sindangangin Cukup Transparan

SELASA, 04 OKTOBER 2016 10:05 WIB
Dasiah, Kepala Desa Sindangangin
...Meski Berperawakan Perempuan, Namun Beliau Patut Untuk Diteladani...

Ciamis, JURNALMEDIAIndonesia.com - Sebagai upaya mensejahterakan masyarakat, pemerintah merealisasikan sejumlah program, seperti halnya Dana Desa (DD) yang kini amat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Sindangangin, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Diterimanya DD sejumlah sarana dan prasarana seperti infrastruktur telah diperbaiki. Di tahun 2016 ini, Dana Desa Sindangangin setidaknya telah di alokasikan pada tiga titik kegiatan, diantaranya pengaspalan jalan di Dusun Sarimukti, pembangunan rabat beton di Dusun Jatibarang, dan cor beton di Dusun Sapuangin.

Kades Sindangangin, Dasiah menjelaskan “Perincian masing masing pekerjaan perbaikan infrastruktur desa, yakni panjang 917 meter – lebar 2,8 meter untuk jalan yang di aspal, panjang 300 meter – lebar 2,8 meter dengan tebal 18/20 cm untuk pengecoran beton jalan, dan rabat beton panjang 300 meter, lebar 130 cm, tebal 15 cm,” jelasnya.

Di dampingi Ketua Tim Penggerak Kegiatan (TPK) Utam. KS, Bendahara Desa Rohayati, Ketua Lembaga Pemberdayaan Desa (LPMD) Ngadiran dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dede Karman ketika dikonfirmasi JMI diruang kerjanya baru – baru ini.

Mengenai dananya, Dasiah menjelaskan, “Dari total anggaran DD tahun 2016 termen ke satu dan termen ke dua sejumlah Rp. 658.000.000; (Enam Ratus Lima Puluh Delapan Juta Rupiah). Anggaran tersebut semua sudah direalisasikan sesuai juklak dan juknis.” Pungkasnya

Dasiah, Kades Sindangangin yang sudah menjabat 3 tahun berjalan ini, banyak mendapat pujian dari masyarakat dalam kepemimpinannya. Meski berperawakan perempuan, namun Beliau untuk ditiru, diteladani, dan layak di acungi jempol karena bisa membangun desa dengan sangat baik. Puji warga yang enggan namanya di publikasikan.

Disisi lain, selain fokus terhadap pembangunan pelayanan, keluhan publikpun selalu diprioritaskan, terbukti dengan jiwa sosial yang tinggi Dasiah selaku orang nomor satu di desa Sindangangin kebijakannya dapat dirasakan oleh masyarakat karena terhadap warganya ia selalu perhatian.

Sementara soal penyaluran anggaran, jajaran aparat desa selalu transparan terhadap masyarakat, kami dengan warga yang lain mengucapkan terima kasih kepada Kades Dasiah karena setiap pemerintah ada program selalu dirapatkan dan dimusyawarahkan terlebih dahulu. Tuturnya. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Daerah atas bantuan DD untuk pembangunan, khususnua Desa Sindangangin.

Semoga kedepannya akan lebih baik lagi dan masyarakat sejatinya menyambut baik program DD tersebut seperti apa yang kami rasakan yang tadinya jalan sulit dilalui kendaraan, namun berkat bantuan DD sekarang jalan menjadi mulus, dengan adanya pembangunan jalan tentunya selain bisa untuk memperlancar aktifitas juga dapat meningkatkan roda perekonomian warga. Pungkasnya.

T. F A U Z I  &  A C E N G. S

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Buntut Kontroversi Wasit Saat Lawan Qatar, PSSI Resmi Ajukan Protes ke AFC

JMI - Ketum PSSI, Erick Thohir menyatakan bila pihakya sudah melayangkan protes terkait kontroversi keputusan wasit di laga timnas U-23 In...