WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Antrean Masuk KRL di Manggarai akan Berkurang

Calon penumpang menunggu KRL Jabodetabek di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019).
JAKARTA, JMI -- Malam ini (25/10), Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten di bawah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membuka jalur enam di Stasiun Manggarai dengan melakukan switch over (SO) tiga. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan DDT Manggarai-Jatinegara Kunto Wibisono mengatakan upaya tersebut nantinya dapat mengurangi waktu antrean masuk kereta rel listrik (KRL) di Stasun Manggarai.

Kunto menjelaskan dengan dibukanya jalur enam maka juga menambah jalur kereta untuk antre masuk stasiun manggarai. “Ibaratnya kereta kalau masuk Manggarai harus menunggu kereta keluar dan kita suruh menunggu nanti akan berkurang,” kata Kunto dalam konferensi pers di Stasiun Manggarai, Kamis (24/10).

Sehingga, lanjut Kunto, antrean kereta yang masuk ke Stasiun Manggarai akan berkurang waktunya sekitar dua menit. Sebab dengan dibukanya jalur enam, antrean di Stasiun Manggarai akan lebih pendek.

Dengan dibukanya jalur enam melalui SO 3 yang dilakukan pada malam ini pukul 22.00 WIB hingga Sabtu (26/10) pukul 04.00 WIB tersebut, akan ada tiga kereta yang dibatalkan perjalanannya malam ini. Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus mengatakan kereta pertama yang dibatalkan yaitu KRL 1249 relasi Bogor-Jakarta Kota yang berangkat dari Stasiun Bogor pukul 21.47 WIB.

Selanjutnya, perjalanan kereta yang dibatalkan yaitu KRL nomor 1250 relasi Jakarta Kota-Bogor yang berangkat dari Jakarta Kota pukul 23.45 WIB. Lalu perjalanan kereta ketiga yaitu relasi Jatinegara-Manggarai yang berangkat dari Jatinegara pukul 23.00 WIB.

Dengan adanya pembatalan tiga perjalanan KRL tersebut maka jam kereta terakhir di Stasiun Manggarai juga akan berubah. Direktur Utama Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wiwik Widayanti mengatakan KRL terakhir relasi Jakarta Kota-Bogor yaitu KA 1240 pemberangkatan Stasiun Jakarta Kota pukul 23.00 WIB di Stasiun Manggarai.

Selanjutnya, KRL terakhir relasi Manggarai-Bogor yaitu KA 1842 pemberangkatan Stasiun Manggarai pukul 23.57 WIB. Untuk KRL terakhir relasi Jatinegara-Bogor yakni KA 1834 pemberangkatan Stasiun Jatinegara pukul 21.58 WIB di Stasiun Manggarai.

"Lalu terakhir KRL terakhir relasi Bogor-Jakarta Kota yakni KA 1239 pemberangkatan Stasiun Bogor pukul 21.10 WIB di Stasiun Manggarai,” tutur Wiwik.

Wiwik mengimbau para pengguna yang hendak menggunakan KRL untuk menyesuaikan keberangkatannya dengan jadwal-jadwal tersebut. Wiwik memastikan informasi pada perjalanan-perjalanan kereta yang terkait telah disampaikan melalui Petugas Pelayanan KRL (PPK) sejak Jumat 18 Oktober 2019.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Operasi Jaran Lodaya Polres Majalengka Berhasil Kembalikan Kendaraan R2 Kepada Pemiliknya

MAJALENGKA, JMI - Hasil operasi Jaran Lodaya Polres Majalengka Polda Jabar tahun 2024 yang di laksanakan selama 10 Hari dari ta...