WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tingkat Kab.Subang di Alun-Alun Kab.Subang

SUBANG, JMI -- Dalam upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-91, Bupati Subang H. Ruhimat bertindak sebagai Inspektur Upacara (IRUP) yang dilaksanakan di alun-alun Kabupaten Subang, Senin (28/10/2019).

Tema dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, "Bersatu Kita Maju".

Tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Nampak yang hadir dalam upacara tersebut di antaranya Wakil Bupati Subang, Sekertari Daerah Kabupaten Subang, Ketua DPRD Kabupaten Subang, Staf Ahli, Para Asda, Unsur TNI/POLRI, Dari Polres Subang dan Kodim 0605, Anggota Yonif 312/kala hitam, jajaran anggota Lanud Suryadarma di antaranya Wingdik Tekkal, Anggota Paskhas com B/BS dan unsur sipil ASN di lingkungan pemda Kabupaten Subang, Satpol PP, DAMKAR, Linmas dan para pelajar serta tamu undangan.

Bupati Subang H.Ruhimat dalam sambutannya membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga RI menyampaikan bahwa, "Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertakwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas. 

Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni serta Pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.
Tema "Bersatu Kita Maju" sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena ditangan Pemuda Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, Mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia, berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.

Kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam hal arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya. Tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membentuk mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan

Kalau pemuda generasi generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas Pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Usai upacara Hari Sumpah Pemuda yang ke-91, acara dilanjutkan dengan pemberian piala dan  penghargaan kepada tokoh pemuda Kabupaten Subang yang berprestasi yang diberikan kepada Adistyana Pitaloka Juara I tk. Nasional pemuda pelopor bidang pendidikan. Riki Maulana juara I Kabupaten Subang bidang wirausaha muda pemula Finalis nasional juara wirausaha muda pemula, Fiki Muhammad Yusuf juara II pemuda pelopor tk. Kabupaten bidang pendidikan, Afif 4 besar pemuda pelopor tk.Jabar, juara I tk. Kabupaten bidang sumber daya alam dan pariwisata, Kintan perwakilan Subang jambore pemuda Indonesia ke tk. Nasional.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KPU Majalengka Gelar Press Release Tahapan Pilkada Serentak 2024

MAJALENGKA, JMI – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Majalengka bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai elemen, termasuk medi...