WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Wagub Jabar Meminta LAK Galuh Pakuan Agar Memperluas Pemberdayaan Seni Budaya Sunda ke Kab/Kota Lain di Jabar

SUBANG, JMI -- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Rizhanul Ulum meminta Raja Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi untuk memperluas wilayah pemberdayaan seni dan budaya Sunda, ke Kabupaten/Kota lain di Jawa Barat.

Karena menurut Uu, tidak hanya masyarakat Subang yang membutuhkan pemberdayaan seni dan budaya Sunda dari Raja Galuh Pakuan, tetapi juga seluruh warga masyarakat Kabupaten/Kota di Jawa Barat ini, membutuhkan kehadiran Raja Galuh Pakuan, sebagai Raja Lembaga Adat, yang peduli terhadap kelestarian seni dan budaya bangsa sunda.

"Saya harap, Kang Raja mau bersama-sama dengan kami di pemerintah provinsi, untuk melakukan pemberdayaan seni dan budaya sunda yang kita miliki ini," ujar Uu kepada wartawan di Subang, Kamis (14/11/2019).

Dengan kehadiran Raja Galuh Pakuan di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat ini, akan semakin memperkokoh persaudaraan bangsa sunda, sekaligus memperkuat seni dan budaya sunda, yang hari ini sudah mulai dilupakan oleh generasi muda sunda, bahkan terancam punah.

"Sosok kang Raja ini yang saya impi-impikan, agar peradaban bangsa sunda tidak hilang ditelan zaman," tegasnya.

Wagub juga mengajak kepada Raja LAK Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi, dan semua warga masyarakat Jawa Barat untuk bersama-sama melestarikan, dan memperkuat serta memperkokoh seni dan budaya sunda yang berkarakter, sehingga bangsa sunda mampu mandiri dan berdaulat sebagai bangsa sunda di Jawa Barat, yang memiliki tradisi dan ciri tersendiri.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Gara-Gara Hutang dan Ejekan, Nyawa Seorang Perempuan Paruh Baya Melayang

GROBOGAN, JMI - Polres Grobogan Polda Jateng berhasil ungkap kasus pembunuhan di Desa Kebonagung Kecamatan Tegowanu pada hari m...