WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Liburan Natal & Tahun Baru 2020 Bersama ASTRA Infra #Liburan SANTUI

JAKARTA, JMI - ASTRA Infra, kelompok usaha ASTRA yang telah berkontribusi sepanjang 350 km infrastruktur jalan tol, senantiasa berkomitmen untuk mewujudkan layanan jalan tol yang aman, nyaman dan lancar. Menjelang Natal dan Tahun Baru 2020, ASTRA Infra telah menyiapkan sejumlah pelayanan guna mengantisipasi potensi kepadatan yang terjadi di sejumlah ruas tol.

Dalam acara media gathering yang diadakan pada hari Senin (09/12), ASTRA Infra berbagi informasi tentang kesiapan layanan Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru) dan kampanye #Liburan SANTUI (Selamat, Aman, Nyaman, Tertib, Update dan Informatif). Dalam acara tersebut, CEO Toll Road Business Group Krist Ade Sudiyono memperkirakan puncak arus libur Natal tahun ini terjadi di H-5, sedangkan arus balik libur Tahun Baru terjadi di H+7.

Untuk mengantisipasi arus libur Natal dan Tahun Baru 2020 tersebut, operasional 6 ruas jalan tol ASTRA Infra, yaitu ruas Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Semarang-Solo, JombangMojokerto, Surabaya-Mojokerto dan Kunciran-Serpong, dipastikan siap digunakan masyarakat. ASTRA Infra memastikan telah menyiapkan berbagai layanan operasional, fasilitas pendukung layanan, dan berbagai pusat diseminasi informasi.

Dalam prediksinya, total lalulintas di periode Nataru tahun ini akan meningkat [7% sd 10%] dibanding tahun lalu. Peningkatan lalulintas terjadi terutama di ruas-ruas yang mengarah ke Jawa Tengah dan Jawa Timur yang akan melintas di ruas-ruas Cipali, Semarang-Solo, serta pergerakan dari Surabaya ke Mojokerto dan Jombang atau daerah-daerah lain di Jawa Tengah.

Liburan SANTUI

Secara khusus, Kris mengingatkan para pengguna jalan tol untuk tetap merencanakan liburan Natal dan Tahun Baru 2020 ini dengan bijaksana. Selain kesiapan kendaraan yang akan digunakan, pengaturan jadwal keberangkatan dan rencana kembalinya perlu diatur menghindari penumpukan di tempat dan waktu yang sama.

Walaupun secara umum kondisi jalan tol dan infrastruktur pendukungnya semuanya dalam keadaan baik, masyarakat dihimbau untuk senantiasa mengikuti arahan dan petunjuk yang diberikan petugas menyesuaikan dinamika kondisi dan situasi lalulintas di lapangan. Pastikan pengemudi dan penumpangnya dalam kondisi sehat dan segar, beristirahat secukupnya, serta pelengkapan kendaraan liburan yang memadai.

Tahun ini ASTRA Infra mengkampanyekan liburan Nataru yang SANTUI, suatu pengalaman liburan berkendaraan dengan selamat, aman, nyaman, tertib, update dan informatif. Di aspek keselamatan, berbagai fasilitas pendukung jalan tol seperti guardrail, wire rope, rumble dot, rumble strip, antiglare, flip flop lamp, rambu dan marka jalan telah terpasang dengan baik. Hal yang sama di aspek keamanan berkendaraan. Kesiapan petugas layanan patroli, petugas medis, rescue didukung monitoring berbasis kamera surveillance dan CCTV di berbagai sudut jalan tol.

Untuk memastikan kenyamanan berkendaraan, kesiapan kondisi main road yang semakin lebar dan bebas hambatan, tersedianya tempat istirahat dengan fasilitas yang memadai seperti toilet ramah difable, masjid, pompa bensin, pengisian ulang saldo uang elektronik, atau berbagai tawaran kuliner yang bersih dan sehat. Koordinasi dengan kepolisian dan instansi terkait lainnya juga telah dilakukan untuk memastikan ketertiban dan kelancaran berlalu-lintas. Berbagai rekayasa lalu lintas telah disiapkan mengantisipasi kondisi-kondisi khusus di lapangan. Optimalisasi gardu transaksi melalui menambahan gardu entrance-reversible, mobile reader, untuk meningkatkan kelancaran layanan transaksi di setiap gerbang.

Bagi pengguna jalan tol yang ingin memperoleh update informasi terkini di jalan tol, tersedia berbagai informasi yang memungkinkan diperoleh melalui social media (twitter, instagram) maupun peralatan VMS (Variable Message Sign) yang terpasang di beberapa lokasi jalan tol.

“Petugas sentra komunikasi kami akan siaga dan informatif melayani pengguna jalan tol selama 24 jam. Bahkan bagi pengendara yang berlibur bersama keluarga dan ingin menikmati berbagai keindahan obyek wisata dan keanekaragaman kuliner, ASTRA Infra juga memberikan referensi inspirasi wisata dan kuliner diseputar tol Astra Infra, yang langsung dapat diunduh di media sosial youtube ASTRAInfra, “ lanjut Krist.

Kesiapan Layanan Nataru

Tol Tangerang-Merak

ASTRA Tol Tangerang-Merak mengoptimalkan layanan Nataru melalui kesiapan layanan operasional, infrastruktur, pendukung, dan layanan informasi.

Layanan Operasional: Seluruh fasilitas dan layanan transaksi tol sebanyak 95 gardu transaksi siap dioptimalkan untuk mempermudah layanan transaksi bagi pengguna jalan. Manajemen lalu lintas, terutama untuk mengantisipasi konektivitas kearah penyeberangan Merak, aksesabilitas ke kota-kota di Banten, serta kelancaran di beberapa titik lokasi-lokasi proyek pembangunan, telah dipersiapkan.

Layanan Infrastruktur: ASTRA Tol Tangerang-Merak memastikan H-5 Natal s.d. H+5 Tahun Baru, jalan tol sepanjang 144 KM (jalur AB) dalam kondisi baik, bebas dari perambuan dan pekerjaan peningkatan jalan. Tersedia 4 lajur di masing-masing sisi dari Bitung s.d. Balaraja Barat, 3 lajur di sisi Balaraja Barat s.d. Cikande, serta simpang susun Balaraja Timur yang secara fungsional sudah dapat digunakan selama Nataru ini.

Layanan Pendukung: Terdapat 4 Tempat Istirahat & Pelayanan (TIP) tipe A di KM 43 & 68 arah Merak dan KM 45 & 68 arah Jakarta, yang dilengkapi fasilitas pengisian saldo uang elektronik maupun sarana TIP lainnya. Demikian halnya fasilitas Posko Kesehatan 24 jam yang berada di TIP KM 68 A&B di periode 24 Desember 2019 s.d. 2 Januari 2020, siap membantu masyarakat yang melintas di tol ini.

Tol Kunciran-Serpong

Jalan tol ruas Kunciran-Serpong sepanjang 11,1 Km yang dikelola oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), sudah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 6 Desember 2019 dan siap melayani masyarakat sejak mulai beroperasi 7 Desember 2019 yang lalu. 

Pengoperasian jalan tol ini diharapkan dapat membantu mengurangi beban jaringan tol Jabodetabek dan sekitarannya. Berbagai sarana pendukung kelancaran arus lalu lintas jalan tol telah dipersiapkan. Saat ini telah terpasang 34 CCTV yang tersebar di gerbang tol, lajur tol, dan di beberapa Interchange. Unit VMS terpasang di 6 titik akses jalan tol yang akan memberikan informasi terupdate kepada pengguna jalan tol di ruas ini. 

Selain call center yang siaga 24 jam, 2 unit mobil Patroli Jalan Raya, 2 unit mobil Layanan Jalan Tol, 1 unit mobil Ambulan, 1 unit mobil Rescue, 1 unit mobil Towing, 1 unit mobil Derek, dan 1 unit mobil Kamtib, siap membantu pengguna jalan yang mengalami gangguan di ruas tol ini.


Tol Cikopo-Palimanan

Lalu lintas Nataru di tol Cikopo – Palimanan (Cipali) diperkirakan akan mencapai kepadatan tertinggi pada H-4 (Sabtu, 21 Desember 2019) dan H+7 (Rabu, 1 Januari 2020), dan diperkirakan naik 9.62% dari periode yang sama di tahun 2018-2019.

LMS sebagai pengelola jalan tol Cipali memastikan kenyamanan pengguna tol, dengan melakukan penambahan 12 gardu menjadi sebanyak 22 gardu beroperasi optimal di Gerbang Tol Palimanan Utama. Demikian juga dipersiapkan tambahan 15 Mobile Reader di GT Palimanan dan masingmasing 1 Mobile Reader di gerbang sayap (Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati dan Sumberjaya).

Hal sama dipastikan terkait kesiapan fasilitas pendukung layanan lalu lintas. Saat ini tersedia fasilitas anyar berupa 10 armada patrol, 12 armada derek, 8 unit Polisi Jalan Raya, 2 unit rescue dan 5 kendaraan ambulans. Selain itu, fasilitas Tempat Istirahat dan Pelayanan (Rest Area) juga telah diperbaharui dengan peningkatan kapasitas masjid menjadi 1800 jemaah di KM 166A, renovasi toilet ramah difabel serta penambahan toilet portabel di KM 86AB dan KM 130AB.

Di fasilitas rest area ini para pengguna jalan tol memungkinkan untuk melakukan pengisian BBM, top-up saldo uang elektronik di minimarket, menikmati kuliner atau wisata di sekitar Cipali sebelum masuk kembali ke ruastol Cipali. Tarif tol Cipali dihitung per kilometernya,sehingga tidak ada perbedaan total biaya untuk kendaraan yang menerus ataupun keluar sementara dari tol Cipali. Pengguna jalan tol dihimbau untuk memastikan saldo uang elektronik-nya cukup dan gunakanlah 1 uang elektronik untuk 1 kendaraan.

Tol Semarang-Solo

PT Trans Marga Jateng, pengelola ruas tol Semarang-Solo sepanjang 72,64 KM, telah menyiapkan infrastruktur dan berbagai fasilitas pendukung serta layanan jelang Nataru dengan baik. Paska dioperasikan tol Trans Jawa secara penuh, pengguna tol dapat memanfaatkan jalur ini untuk mempercepat perjalanan menuju kota-kota di Jawa Tengah yang terhubung tol ini, seperti Ungaran, Bawen, Salatiga, Boyolali, Kartasura, Jogjakarta via Boyolali, dan sebagainya.

Untuk menunjang kelancaran lalu lintas di gerbang tol, gerbang Banyumanik telah diperlebar sehingga menampung total 92.000 kendaraan per hari untuk arah menuju semarang, dan 90.000 kendaraan per hari di jalur menuju solo. Untuk menjamin keamanan pengguna jalan, tol semarang solo juga telah dilengkapi dengan peralatan penunjang keselamatan dan rambu-rambu seperti VMS, rumble strip, flip flop lamp, dan jalur penyelamatan. Petugas beserta kendaraan operasional pendukung juga telah disiapkan seperti patroli lalu lintas, ambulance, derek, kamtib, dan satuan PJR dari kepolisian. Khusus untuk mengantisipasi kemacetan di sekitar TIP KM 429 dan Simpang Bawen, TMJ bersama dengan kepolisian setempat juga telah menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan secara situasional.

Sedangkan untuk menunjang kenyamanan terutama bagi pengguna jalan yang lelah dan ingin beristirahat, Tol Semarang-Solo telah menyediakan 1 TIP kategori A yang beroperasi penuh yaitu TIP KM 429 A (arah Solo) dengan area yang luas dan fasilitas cukup lengkap. TMJ juga mengoperasikan 4 rest area fungsional yaitu TIP KM 429 B, TIP KM 456 A&B, serta TIP KM 487 A&B dengan fasilitas tempat parkir, musholla, dan toilet yang memadai.

Tol Jombang-Mojokerto

Momen Nataru yang bersamaan dengan libur sekolah, telah diantispasi oleh ASTRA Tol JombangMojokerto (ASTRA Tol Jomo). Berbagai peningkatan layanan telah dilakukan berupa toilet tambahan di masing-masing Rest Area KM 678 A dan KM 695 B. Kesemua toilet ini gratis dan dirancang ramah bagi penyandang disabilitas.

Selain itu, pada rest area Teras Melati 695 dan Teras Dipa 678 kini juga dilengkapi dengan nursing room dengan fasilitas diaper changing station. Teras Dipa 678 juga memiliki pemandangan senja yang cantik yang dapat diabadikan saat berswafoto.

Media informasi seputar jalan tol Jombang-Mojokerto, tersedia melalui penambahan Variable Message Sign (VMS) pada 3 titik; KM 697 B, KM 672+600 A dan akses masuk gerbang tol Bandar. Apabila membutuhkan informasi maupun bantuan, pengguna jalan tol dapat menghubungi Call Center Astra Tol Jombang Mojokerto selama 24 jam.

Tol Surabaya-Mojokerto

Seperti halnya ruas lain, PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) telah menyiapkan sejumlah langkah guna menghadapi kepadatan arus lalu lintas yang kerap kali terjadi di ruas ini. Untuk mengantisipasi kepadatan saat Puncak arus Natal dan Tahun Baru, JSM melakukan upaya-upaya diantaranya dengan monitoring kondisi lalulintas melalui 17 CCTV di gerbang tol, rest area, akses simpang susun, Jembatan, dan 28 CCTV lajur per km. Percepatan distribusi informasi kondisi lalu lintas kepada pengguna jalan melalui VMS yang ada di di Km 745 (B), Km 712 (A), dan Km 728 (entrance Krian).

Untuk memastikan kelancaran layanan di gerbang tol, JSM telah melakukan penambahan gardu di gerbang tol Waru 5 yang mengarah ke Warugunung, peningkatan kapasitas dengan 2 gardu entrance reversible, penambahan layanan transaksi top up saldo uang elektronik baik melalui penyediaan mobile top up (BUS), petugas jemput bola top up di Gerbang Tol Warugunung, serta sentralisasi top up di setiap gerbang tol dan rest area.

Sedangkan untuk layanan lalu lintas, saat ini telah tersedia 1 unit rescue, 2 ambulance, 3 PJR, dan 3 derek. Adapun upaya untuk meningkatkan keamanan ruas JSM juga menambahkan rumble strips per km dan setiap menjelang gerbang tol, himbauan berupa spanduk di beberapa titik dan pemasangan lampu flipflop di titik rawan.

Di sepanjang tol Surabaya-Mojokerto juga tersedia rest area di Km 725A atau 726B yang dilengkapi fasilitas toilet, mushola/masjid, dan SPBU dan food court yang menyediakan makanan khas Jawa Timur. Rest area ini juga meyediakan toilet disable, ruang laktasi (726B).

Untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengguna jalan tol Astra Infra yang memerlukan informasi maupun bantuan saat di jalan tol, dapat menghubungi petugas call center yang selalu siaga 24 jam :
- Tol Tangerang-Merak, (0254) 20-78-78 atau 0-800-1-77-78-79, twitter @tol_mms dan Instagram @astratoltamer.
- Tol Kunciran-Serpong 14080
- Tol Cikopo-Palimanan (0260) 7600 600
- Tol Semarang-Solo (024) 1500088, 08112756080
- Tol Jombang-Mojokerto (0321) 888 123
- Tol Surabaya-Mojokerto (031) 7877 766 / 0822 1182 6677

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: ASTRA Infra Danik Irawati, Head Corporate Communication Email : danik.irawati@astrainfra.co.id.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KPU Majalengka Gelar Press Release Tahapan Pilkada Serentak 2024

MAJALENGKA, JMI – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Majalengka bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai elemen, termasuk medi...