WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Fokus Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Bumdes, Untuk Kemajuan Desa & Pemerataan Ekonomi Masyarakat

TULUNGAGUNG, JMI -- Pemerin­tah Desa (Pemdes) Gesikan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung Jatim fokus meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Desanya dengan mengutamakan program pemberdayaan, dan membentuk (BUMDES) Badan Usaha Desa pada periode 2019-2025. Hal itu diungkap­kan Kepala Desa (Kades) H. Nurhadi Setiawan kepada wartawan JMI.

Menurutnya, desa adalah indikator utama untuk kema­juan Indonesia. Karena itu, meningkatkan sumber daya manusia dan pendapatan desa selain juga infrastruktur jalan, menjadi program andalan selama kepemimpinan di pe­riode 2019-2025.

”Selain meratanya infrastruktur untuk pemerataan ekonomi masyarakat, Bumdes dan pengembangan usaha-usaha di masyarakat juga perlu dikembangkan sehing­ga nilai ekonominya pun akan tinggi dan juga desa sendiri mendapatkan hasil dari usaha desa melalui Bumdes,” kata Nurhadi Setiawan.

Sesuai visinya, ia mengaku Desa Gesikan mewujudkan pelayanan publik yang trans­paran menuju masyarakat desa yang agamis, maju, se­jahtera dan berkualitas.

”Ke­tika pelayanannya baik, ten­tunya ke sananya akan lebih baik. Sehingga Desa Gesikan agamis, maju, sejahtera dan berkualitas,” ucapnya.

Sementara untuk misinya, jelas Nurhadi, adalah men­ciptakan kondisi masyarakat yang aman, tertib, guyub dan rukun dalam kehidupan ber­masyarakat, dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip agama dan budaya yang ada.

”Memberdayakan potensi yang ada di masyarakat meliputi pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama perempuan dan karang tar­una,” imbuhnya.

Nurhadi mengaku pember­dayaan Sumber Daya Alam (SDA) dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan bertu­juan mengoptimalkan penyel­enggaraan pemerintah, meli­puti pemerintah yang trans­paran, cepat, tepat dan benar.

”Pelaksanaan pembangunan desa yang berkesinambungan dan mengedepankan musya­warah dan gotong-royong masyarakat sangat diperlukan, tapi untuk kedepannya kita akan lebih fokus pada pengembangan usaha kreatif masyarakat dan pengembangan Bumdes agar Desa Gesikan bisa optimal maju dalam perekonomianya dengan cepat” ujar Nurhadi.


CRISTIAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

DPD IWOI Kabupaten Subang Gelar Diskusi Publik Jelang Pilkada, Jaring Kriteria Calon Pemimpin, Ketua KPU Subang Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas

Subang, JMI- Mendukung pelaksanan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada November 2024, Ikatan Wartawan Online ...