WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Anies Baswedan: Masjid Cut Nyak Dien Sebagai Contoh Masjid Ramah Lingkungan


JAKARTA, JMI -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Masjid Cut Nyak Dien, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (1/3/2020).

Masjid tersebut diresmikan setelah selesai dilakukan renovasi.

Dalam sambutannya, Anies menyampaikan harapannya agar Masjid Cut Nyak Dien dapat menjadi contoh masjid ramah lingkungan di Jakarta dengan pengelolaan air resapan yang baik. Sehingga, kata dia, waktu musim penghujan tidak terdampak banjir.

"Saya harap di masjid ini (Masjid Cut Nyak Dien) bisa menjadi contoh bukan hanya remaja masjidnya, tapi juga pengelolaan air dan semua aspek yang menyangkut lingkungan hidup," kata Anies.

Anies lantas menjelaskan bahwa pentingnya masjid ramah lingkungan di Jakarta lantaran masjid merupakan tempat yang paling banyak menggunakan air. Apalagi, di musim penghujan yang kerap mengakibatkan banjir seperti belakangan ini, menurutnya sebuah masjid penting memiliki pengelolaan resapan air yang baik.
"Artinya apa? Mengambil dan mengembalikan air, airnya diambil dari tanah karena itu selesai wudu airnya dikembalikan ke tanah," katanya.

Selain itu, Anies pun berkeyakinan pengurus Masjid Cut Nyak Dien telah memperhitungkan hal tersebut. Anies lagi-lagi menyampaikan harapannya semoga Masjid Cut Nyak Dien bisa dijadikan contoh masjid yang ramah lingkungan.

"Insyaallah masjid ini bisa dijadikan contoh masjid ramah lingkungan. Sehingga, ketika (pengurus) masjid di Jakarta kalau mau mencari contoh, bisa datang ke (Masjid) Cut Nyak Dien " kata dia.

dalam peresmian juga tampak hadir ustad kondang, Ustadz Abdul Somad yang menjadi Imam saat sholat magrib bersama.

Faisal 6444/Red/JMI
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Sosialisasi Program Ketenagakerjaan, Bersama Kemnaker RI dan Anggota Komisi IX DPR RI

Tangerang, JMI - Ponpes Salafiyah Terpadu Al Hikmah El-Ali Cinding, menggelar acara seminar tentang Sosialisasi Program Ketenag...