WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Dampak Larangan Arab Saudi Menutup Penerbangan dari Berbagai Negara Karena Wabah Virus Corona

JAKARTA, JMI -- Kerajaan Arab Saudi menerbitkan larangan sementara terhadap warga yang akan melakukan ibadah umrah atau pun ziarah di Mekkah dan Madinah. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penyebaran wabah virus Corona.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi rencana bakal kembali membuka penerbangan dari berbagai negara untuk ibadah umrah ke Tanah Suci pada 14 Maret 2020.

Informasi tersebut diumumkan dalam telegram yang dikirimkan Kementerian Luar Negeri Kingdom Saudi Arabia kepada biro travel di seluruh dunia. Dalam surat itu disebutkan, penangguhan penerbangan ke Arab Saudi mulai berlaku sejak 26 Februari 2020 hingga 13 Maret 2020.

"Menghormati keputusan Arab Saudi sebagai bentuk antisipasi menyebarnya virus Corona meminta semua Jemaah umrah Indonesia untuk bersabar sambil menunggu 14 (empat belas) hari waktu yang di berikan pemerintah Arab Saudi membuka kembali, mudah-mudahan tepat waktu," kata juru bicara (Jubir) wakil presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidiowi di The MAJ Senayan Jakarta, Sabtu, 29 Februari 2020.

Di terminal 3 (tiga) bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Penerbangan pesawat Garuda dengan rute Mekkah – Jakarta dengan nomor lambung GA 981 setelah menjemput 400-an jemaah umrah yang mendarat pukul 09.15 WIB Minggu, (1/3/2020).
Salah satu rombongan jemaah umrah yang baru sampai di terminal tiga, dengan mempergunakan AURA Travel sempat diwawancarai JMI.

Haji Firman (45th) asal Tangerang dengan satu keluarga, Istri dan tiga anaknya (Istri : Hj. Fitri 36th, Anak: Faiz 15th, Naila 13th dan Naya7th). Beliau sengaja memboyong keluarganya agar bisa melaksanakan ibadah umrah bersama-sama.

“Arab Saudi menerbitkan larangan sementara melakukan ibadah umrah dengan adanya penyebaran wabah virus Corona, saya sudah tahu dari group whatsapp (WA) Aura travel, tapi saya sekeluarga pasrah lillahi ta’ala” kata Haji firman asal Villa Tomang Desa Gelam Jaya, Kabupaten Tangerang.

“Alhamdulillah selama di sana (Arab saudi) cuacanya mendukung, tidak terlalu panas, malah hari pertama saat tawaf (adalah kegiatan mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali, salah satu amal ibadah yang dilakukan oleh Muslim pada saat melaksanakan haji dan umrah) suhu udara sempat 14 derajat (dingin),” tambahnya.

Aura Travel telah melaksanakan keberangkat sebanyak 130 jemaah umrah untuk hari ini.

Dari pantauan JMI, di pintu penjemputan terminal tiga, hampir seribu orang turut menjemput para keluarganya yang melaksanakan umrah.


FAISAL 6444/JMI/RED 
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Napak Tilas di Makam Ki Truno joyo Dalam Pemasangan Kain Kafan Serta Legenda Cerita Seiring Dengan Perkembangan Zaman

GROBOGAN, JMI - Sebuah makam yang berada di Dusun Sumber Barat Desa Sumberjosari kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Kawa...