WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kades Binuang Kec. Sepaku: Hadirnya Ibu Kota Baru di Sepaku Diharapkan Serap Tenaga Kerja Lokal

Kepala Desa Binuang Madan, S.Sos berbincang santai dengan anggota Polres PPU.
PENAJAM PASER UTARA, JMI -- Rencana hadirnya Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur terus menjadi topik perbincangan hangat di masyarakat seluruh penjuru wilayah Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, dimana rencana Istana Negara Ibu Kota Baru akan di bangun di sana.

Menurut berita yang disadur dari CNN Indonesia “Pemerintah membentuk tim khusus untuk memfinalisasikan pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur. Tim ini dipimpin oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengaku pihaknya menjadi anggota dari tim khusus tersebut.

Selain itu, angota tim lainnya terdiri dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) dan Kementerian Keuangan.

"Kami bentuk satu tim untuk memfinalisasi masalah persiapan ibu kota baru. Ketuanya Bappenas. Hari Rabu (12/2) ada laporan, dari situ baru kami lapor ke Presiden Joko Widodo (Jokowi)," ungkap Luhut, Jumat (7/2) dalam ulasan beritanya.

Menanggapi keseriusan pemerintah terkait pindahnya Ibu Kota Negara ke Kecamatan sepaku, Kepala Desa Binuang Kecamatan Sepaku Madan, S.Sos menyampaikan harapan “Saya selaku Kepala Desa menyambut baik dan mendukung sepenuhnya hadirnya IKN yang ditetapkan oleh Presiden RI di Kecamatan Sepaku. Telah saya interuksikan kepada seluruh warga masyarakat Desa Binuang untuk mempersiapkan diri menghadapi eksodus para pendatang yang akan hadir di Sepaku, dari segi kemapanan mental, Sumber Daya Manusia dan peningkatan keamanan di Desa Binuang,” tuturnya.

Gedung Serba Guna Desa Binuang.
Lanjutnya, “Saya sangat sadar betul bahwa kekurangan dari semua sisi dan keterbatasan di wilayah desa kami sangat kami rasakan. Namun demikian dorongan dan semangat kebersamaan dari semua kekuatan komponen masyarakat sangat diperlukan,” katanya.

Lebih lanjut kepada koran JMI Kades gaul dan milenial ini menandaskan bahwa, “Hadirnya IKN diharapkan memberikan peluang lapangan kerja yang terbuka seluas-luasnya untuk para pemuda dan masyarakat Binuang, sehingga bisa memeberi peluang peningkatan ekonomi dan kesejahteraan kepada masyarakat di wilayah IKN, Selasa (04/03/20).

Disampaikan juga Desa Binuang dalam menyambut hadirnya IKN mulai berbenah dari, dana desa dioptimalkan untuk membangun infrastruktur baik jalan desa, pembangunan gedung pertemuan dan peningkatan kegiatan penunjang perbaikan lingkungan serta membangun SDM agar kita siap bersaing dan tidak termarginalkan oleh pendatang yang lebih mapan segala-galanya. Dan jangan sampai seperti pengalaman warga betawi yang akhirnya terpinggirkan oleh pendatang.

Pemerintah Daerah diminta agar memberikan program prioritas kepada generasi penerus Pemuda Pemudi daerah agar memberikan beasiswa kepada anak-anak yang masih sekolah baik di daerah maupun diluar daerah agar nantinya setelah selesai bisa membangun daerahnya, tidak justru jadi penonton di tanah kelahirannya sendiri.

Dibidang keamanan Desa binuang setiap saat berkoordinasi dengan aparat terkait baik Polres PPU, Kapolsek Sepaku, Koramil Sepaku dan Kodim PPU untuk menjaga situasi yang kondusip, sehingga kalau ada pihak-pihak yang akan mengganggu hadirnya IKN kita selalu tanggap, sigap dan menyelesaikannya secara baik-baik dan kekeluargaan,” pungkasnya.


BAMBANG SARJITO/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

DPD IWOI Kabupaten Subang Gelar Diskusi Publik Jelang Pilkada, Jaring Kriteria Calon Pemimpin, Ketua KPU Subang Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas

Subang, JMI- Mendukung pelaksanan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada November 2024, Ikatan Wartawan Online ...