WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Tim Saber Pungli Jabar Untuk Pertama Kali Sosialisasikan Pencegahan Pungli di Dishub Kab. Subang

SUBANG, JMI -- Giat Sosialisasi Saber pungli Jabar untuk pertama kali dilaksanakan di dinas perhubungan kabupaten Subang di jalan Oto Iskandar Dinata nomor 246, kelurahan Karang Anyar, kecamatan Subang, Jumat 13/3/2020.

Nampak hadir dalam kegiatan sosialisasi saber pungli tersebut di antaranya Wakil ketua saber pungli Jabar Kombes. Pol Dr.Yoslan SH.MH. dan jajaran, Ketua saber pungli kabupaten Subang kompol Faisal dan jajaran, Kejari Subang di wakili kasi intel Iyus dan jajaran, kepala Dinas perhubungan Rona Mairansyah dan jajaran.

Kabidkum Polda Jabar, Satgas Saber pungli Jabar, dan sebagai Wakil ketua Yustisi Saber pungli Jabar Kombes pol Dr.Yosslan SH.MH. kepada JURNAL MEDIA Indonesia mengatakan bahwa, "tujuan sosialisasi tim saber pungli di beberapa dinas/intansi bertujuan untuk menyampaikan beberapa hal mengenai yang berkaitan dengan pencegahan terhadap oknum-oknum di dinas/instansi terkait yang bertugas sebagai pelayanan publik terhadap masyarakat, besar harapan kami kepada oknum-oknum di dinas/instansi tersebut, jangan sampai terjadi kepada oknum-oknum yang bertugas sebagai pelayanan publik melakukan pungli-pungli kepada masyarakat, karena pungli-pungli yang di lakukan oleh oknum tersebut adalah sasaran utama kami tim saber pungli untuk di lakukan penindakan, kami berharap kepada masyarakat penuhi laksanakan aturan-aturan yang di berikan oleh dinas terkait, karena pungli terjadi atas niat dan kesempatan dari kedua belah pihak, jika oknum atau instansi terkait dalam memberikan layanan kepada masyarakat atau masyarakatnya tidak mau maka tidak akan terjadi suatu pungli tersebut. Dalam pelaksanaan sosialisasi ini dilaksanakan di seluruh kabupaten dan kota di Jawa Barat," jelasnya.

"Untuk pungli di Jawa Barat relatif ada, artinya kita bisa meminimalisir agar oknum tersebut tidak sampai terjadi, potensi pungli tidak hanya di dinas perhubungan di dinas lain pun ada contohnya dalam hal pembuatan KTP, KK, BPJS disitulah banyak terjadi pungli, disini masyarakat harus sadar dan penuhi aturan yang ada jangan sampai dalam membuat KTP atau surat lainnya asal jadi atau begitu cepat dalam pembuatannya dan untuk petugasnya sendiri harus bisa memberikan pelayanan dengan baik sesuai aturan yang telah di tentukan," ungkapnya.


Ketua Saber pungli kabupaten Subang Kompol Faisal dalam komentarnya mengatakan, "Kalo di Subang dari tahun 2019 sudah dilaksanakan sosialisasi kepada seluruh para kepala desa se-kabupaten Subang, harapannya agar kepala desa bisa mensosialisasikan kepada masyarakatnya apa itu tentang keberadaan saber pungli, apa itu saber pungli dan tugasnya, apa yang bisa di laksanakan, apa yang bisa dilakukan intinya tugas saber pungli adalah pencegahan bagaimana aparat-aparat yang berwenang dalam hal terkait pelayanan publik dalam tugasnya tidak melakukan pungli terhadap masyarakat, setelah kegiatan sosialisasi kita adakan konfres center, kegiatan email, rencana kegiatan ini sambil menunggu anggaran dari pemerintah daerah kita akan laksanakan sosialisasi kepada petugas-petugas di dinas-dinas, diantaranya Dinas kependudukan, Dinas kesehatan, Dinas perhubungan, Dinas pendidikan, termasuk di BPJS, di kepolisian sendiri di Samsat, pelayanan SIM," tuturnya.

"Untuk penindakan Selama 2019 ada penindakan hanya sedikit ke administrasi, kita kembalikan kalo masalah pemerintahan kepada Badan kepegawaian atau ke IRDA Jabar, kalo kepolisian ke kapolres atau ke Propam, dan di 2020 ini Alhamdulillah belum ada oknum-oknum yang melakukan pungli," ungkapnya.

Dikatakan Faisal, "saber pungli bisa bergerak khusus untuk instansi pemerintah atau instansi kepolisian yang bergerak dalam pelayanan publik untuk masyarakat, diantaranya pembuatan KTP, KK, BPJS, SIM, STNK, BPKB, KIR dan lainnya yang berhubungan untuk kepentingan masyarakat atau kepentingan publik," imbuhnya.

Lanjutnya, "ketua saber pungli kabupaten Subang berharap dan menghimbau kepada petugas-petugas yang bekerja dalam hal pelayanan publik, karena mereka sudah di gaji oleh negara jangan sampai melakukan pungli apabila ada petugas," tutupnya.


AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pemerintah Kabupaten Grobogan Melalui Dinas Pendidikan Mengadakan Diskusi Penanganan Anak Tidak Sekolah Bersama Pemdes

  GROBOGAN, JMI - Penanganan anak putus sekolah dan anak tidak sekolah terus menjadi perhatian dari Pemkab Grobogan. Setidaknya ada 11 ri...