WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Tanggul Gorong-Gorong Sifon di Wilayah Desa Kosambi Jebol, Akibatkan Pasokan Air ke Pesawahan dan PDAM Serta Pertamina Berkurang


SUBANG, JMI
-- Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi meninjau gorong-gorong sifon yang jebol di Desa Kosambi Kecamatan Cipunagara yang mengakibatkan harus dilakukan perbaikan dengan dikuranginya debit air yang mengaliri sungai Tarum Timur menuju Cipunagara dan Compreng dengan dikendalikan di pintu air Jatiluhur sehingga mengakibatkan pasokan air pesawahan dan PDAM berkurang, Kamis (11/2/21).

Dalam kunjungan peninjauan tersebut Wakil Bupati Subang Agus Masykur dihadiri pula oleh Direktur PJT II, Camat Cipunagara, BBWS Citarum, Kades Kosambi, tim teknis OPT wilayah III PJT II. Gorong-gorong jebol tersebut mengakibatkan air tarum timur mengalir semua ke sungai Ciborosoleh Kosambi sehingga bila debit air tidak dikurangi akan mengakibatkan aliran Sungai Ciborosoleh meluap dan menggenangi arel pesawahan.

Perwakilan BBWS Citarum menyatakan bahwa penanganan darurat sementara air akan dialirkan melalui sodetan dan gorong-gorong yang rusak secepatnya diperbaiki mengingat banyak daerah lintasan air sungai tarum lahan pertanian mulai menanam dan membutuhkan air walaupun untuk saat ini masih terbantu dengan air hujan. 

Dampak dari rusaknya gorong-gorong tersebut mengakibatkan tidak terairi sawah dan suplai air baku PDAM dan pertamina. Agus Masykur berharap PJT II dan BBWS segera memperbaiki gorong-gorong yang rusak tersebut dengan membuat sodetan sementara sehingga secepatnya aliran sungai kembali normal untuk mengairi areal pesawahan dan pasokan air PDAM dan Pertamina di Cipunagara.

Untungnya saat ini musim penghujan sehingga kebutuhan pasokan air pesawahan masih bisa dikendalikan namun ketika memghadapi musim kemarau hal yang ditakuti areal pertanian dan pasokan air PDAM akan kekeringan sehingga perbaika gorong-gorong tersebut harus segera dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KPU Subang Terima Berkas Pendaftaran Perseorangan Bakal Calon Bupati & Wabup Subang 2024-2029, Paslon Gus Eko-Sujaka Dinyatakan Lengkap & Diterima

Subang, JMI - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Subang telah melakukan tahapan pendaftaran pencalonan perseorangan sekaligus penyerahan duku...