WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kematian Satu Keluarga Masih Misteri, Ditemukan Mantra di Lembaran Kain


JAKARTA, JMI
- Kematian empat orang sekeluarga yang jasadnya mengering di Kalideres, Jakarta Barat, masih menyimpan misteri. Perkembangan terbaru, polisi mengungkap adanya kecenderungan keluarga tersebut positif melakukan ritual tertentu. Terlebih, ditemukan tulisan yang diduga mantra di buku hingga lembaran kain di rumah korban.

Dilansir dari detikNews, saat ini Polisi masih mendalami keterkaitan ritual yang dilakukan Budyanto Gunawan (68) tersebut dengan motif kematian keluarga Kalideres.

"Adanya fakta bahwa kecenderungan ritual tertentu apakah ini menentukan motif, ini akan kami dalami lagi," kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Sebagai informasi, penyelidikan kasus keluarga Kalideres kini telah memasuki pekan ketiga. Sejauh ini sudah ada 28 saksi yang diperiksa penyidik.

"Kita sudah memeriksa 28 orang saksi, kemudian dari pemeriksaan ini kami temukan keidentikan keterangan saksi-saksi ini dengan barang bukti yang kami temukan di TKP," katanya.

Menurut Hengki Haryadi, keterangan para saksi juga menguatkan adanya aktivitas ritual yang aktif dilakukan oleh Budyanto Gunawan. Budyanto merupakan salah satu korban. Dia berstatus sebagai paman dalam keluarga tersebut.

Ritual Budyanto itu diduga diikuti oleh tiga anggota keluarga lainnya yang turut menjadi korban. Para korban itu percaya lewat ritual yang dijalankan hidup mereka akan menjadi lebih baik.

"Hal ini mengakibatkan adanya suatu believe dalam keluarga tersebut bahwa upaya untuk membuat kondisi lebih baik atau mengatasi masalah yang terjadi dalam keluarga dilakukan melalui ritual tertentu," jelas Hengki Haryadi.

Sejauh ini, proses penyelidikan kasus tersebut masih dilakukan penyidik. Selain mendalami motif, polisi bersama tim ahli tengah memastikan penyebab kematian para korban.

"Jadi secara deduktif dan induktif ada keidentikan di mana hasil sementara dari penyelidikan kami khususnya terhadap pemeriksaan orang-orang terdekat korban ini menyatakan salah satu dari anggota keluarga atas nama Budyanto cenderung dominan dan memiliki sikap yang positif terhadap ritual-ritual tertentu," tutur Hengki Haryadi.

"Mudah-mudahan pekan depan kita akan sampaikan rilis akhir dari pada penyelidikan kami tentang ditemukannya 4 mayat di Kalideres," jelas Hengki Haryadi.

Mantra-mantra di Buku dan Lembaran Kain

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi juga mengungkap temuan baru dari kasus kematian sekeluarga di Kalideres. Termasuk ditemukannya buku mantra dan menyan yang ditemukan penyidik.

"Ditemukan juga buku-buku lintas agama serta mantra dan kemenyan," kata Hengki Haryadi dalam keterangannya, Rabu (30/11/2022).

Hengki juga mengungkap ada sejumlah kain yang disita penyidik di lokasi. Di kain itu memuat tulisan-tulisan yang diduga merupakan mantra.

"Di kain, ada beberapa. Diduga mantra," kata Hengki.

Polisi belum memerinci jumlah kain yang memuat kalimat diduga mantra tersebut. Bahasa yang ada di tulisan mantra itu pun tengah diselidiki bersama tim ahli. "Lagi kami teliti," katanya.

 

Sumber Detik.com

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pergantian Meron Dalam Haul Eyang Ndoro Pangeran Aryo Kusumo Desa Sumberjosari Karangrayung Selalu Menjadi Daya Tarik Tersendiri

GROBOGAN, JMI - Dalam rangka menyambut bulan Muharam 1446 H masyarakat Dusun Jajar Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung Kab...