WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

DPD FKP Subang Gelar Acara Hajat Lembur Pantun Mang Ayi dan Bazar UMKM Pemuda Subang


Subang JMI,
Acara Hajat Lembur Pantun Mang Ayi dan Bazar UMKM pemuda Subang yang di gelar di Bumi Talaga Sundayana dilaksanakan dengan meriah,dengan menyajikan belasan stand UMKM yang menyajikan berbagai produk makanan, minuman serta kain batik khas Subang dan produk lainnya,Dalam kegiatan tersebut bertempat di Kelurahan Dangdeur, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu, (26/02/2023) sore.

Dalam acara Bazar UMKM yang diselenggarakan komunitas,di gelar pula pentas wayang golek yang di bawakan kidalang Bripda Reza Harimurti anggota sat Sabhara polres Subang, serta pentas musik pantun mang ayi dan seni sisingaan asli Subang.

Ketua DPD FKP Subang Harry Gumbira mengatakan dalam kegiatan acara yang di gelar hari ini adalah kolaborasi  antara seni budaya dan para pelaku UMKM, sebanyak 13 UMKM yang ikut Bazar UMKM. dengan Menampilkan UMKM dari kewirausahaan pemuda dan UMKM binaan bu Kapolres Subang," Tuturnya.

Lebih lanjut Hari menyampaikan bahwa dalam kegiatan Bazar UMKM ini,merupakan bagian dari acara Hajat Lembur Pantun Mang Ayi. Kegiatan ini dikolaborasikan dengan pentas seni dan talkshow kewirausahaan yang mengusung tema Muda Ngabudaya, Bangkit dan Tumbuh Bersama.

Di event ini akan Mengundang atau mendatangkan orang banyak , sehingga menambah nilai ekonomi bagi pelaku UMKM ,"ungkap Hary Gumbira.

Ketua DPD FKP Subang Bersama Ketua Panitia Pelaksana Hajat Lembur Pantun dan Bazar UMKM Pemuda Subang


Ketua Pelaksana Hajat Lembur Pantun Mang Ayi, Reza mengatakan tujuan awalnya kegiatan ini untuk menstimulasi generasi muda supaya bisa melestarikan dan ikut serta melestarikan kesenian tradisional khususnya pantun Mang Ayi.

Pantun Mang Ayi sampai saat ini satu - satunya di Jawa Barat atau mungkin di Indonesia yang eksis melestarikan pantun sunda. Tujuannya meregenerasi Mang Ayi kepada anak sekolah dan anak muda," ujarnya.

Hajat Lembur Pantun Mang Ayi selain di isi Bazar UMKM dan Talkshow Kewirausahaan Pemuda, juga pentas wayang golek dengan dalang Bripda Reza dari Polres Subang, Festival Pantun Sunda dan lainnya," jelasnya.

Ketua DPW FKP Jawa barat  Nurahman di hadapan para awak media mengatakan bahwa kegiatan yang di gelar hari ini di Bumi talaga sundayana sangat luar biasa sekali, mengambil Tema langsung dari kebudayaan Jawa baratan melibatkan ke pemudaan di mana pemuda ini mempunyai peran dari segi ekonomi ,untuk pergerakan keterlibatan mengena ekonomi daerah , subang sudah terbentuk 25  kota kabupaten,

Menurutnya kang hari sudah mempalitasi  ini semua ,sekali bertemu memberikan ruang  untuk bertemu di sini dalam ivent yang sangat luar biasa,"tuturnya.


Lebih lanjut Nurahman menyampaikan bahwa di Subang sendiri FKP  sangat aktif dengan membangun, meningkatkan, menumbuhkan dan mengembangkan  untuk para wira usaha muda untuk kewirausahaan yang aktif, Bagaimana wirausaha muda yang berprestasi.dengan melakukan pelatihan, seminar ,talk show dan wirausaha. 

"Bulan mei kita akan mengadakan pelatihan ,Ivent pelatihan bagaimana wirausaha muda berprestasi . melibatkan 27 kota kabupaten bekerjasama dengan Dispora Jawa barat, setelah itu bagaimana wirausaha  muda berprestasi itu kita olah menjadi usaha muda yang berprestasi.dengan tema 10 pelatihan, yang melibatkan 27 kota kabupaten." tambahnya

Tujuan Event pelatihan ini bagaimana wirausaha muda berprestasi kita olah untuk menjadi Wirausaha Nasional.

Pesan di kabupaten Subang kepada para pemuda dan pemudi di FKP Subang dan masyarakat subang adalah "Satu tetap berkolaborasi untuk menumbuhkan ekonomi daerah dan ekonomi Indonesia, untuk menciptakan  dan mengembangkan Wirausaha - wirausaha baru dengan berbarengan, jangan  sampai berwirausaha sendiri," ungkapnya.


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ayo Buruan Daftarkan Diri Anda! Bawaslu Subang Rekrutmen Pengawas ADHOC Khusus Panwaslu Kecamatan di Pilkada 2024

Koordinator Divisi SDM organisasi Diklat Bawaslu, ketua Pokja Rekrutmen panwascam pilkada Subang 2024 Imanuddin Subang, JMI – D...