WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-26 Kabupaten Tanggamus

TANGGAMUS, JMI - Pemkab Tanggamus bersama Forkopimda laksanakan Upacara Peringatan HUT Ke-26 Kabupaten Tanggamus dan Ziarah bersama ke Taman Makam Pahlawan (TMP), bertempat di Lapangan Merdeka Kelurahan Kuripan, Kecamatan Kotaagung, Kabupaten Tanggamus. Selasa, (21/03/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M, Wakil Bupati Tanggamus, H. A.M Safi’i, S.Ag, Forkopimda Kabupaten Tanggamus, Sekdakab Tanggamus, Drs. Hamid Heryansyah Lubis, M.Si, Para Asisten II, III, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0424/Tanggamus, Ketua Bhayangkari Polres Tanggamus, Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus, Ketua Adhiyaksa Dharma Pertiwi Tanggamus, para Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Tanggamus, para Kepala Pekon se-Kabupaten Tanggamus dan Ormas.

Turut hadir dalam kegiatan, Para Peserta Upacara Personil Kodim 0424/Tanggamus, Personil Polres Tanggamus, Personil Satpol PP Tanggamus, Personil Damkar Kabupaten Tanggamus, Personil Tagana Kabupaten Tanggamus, Personil Dishub Tanggamus, PNS Kabupaten Tanggamus, FKPPI Kabupaten Tanggamus, Korsik SUPMN Kotaagung, Siswa Siswi SMA dan SMP Kotaagung.

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M, dalam amanatnya menyampaikan, Kabupaten Tanggamus berdasarkan Undang-undang Nomor 02 Tahun 1997 tentang pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Tulang Bawang dan Kabupaten Daerah Tingkat II Tanggamus, yang pada tanggal 21 Maret ini ditetapkan sebagai tanggal lahirnya Kabupaten Tanggamus dan kita peringati setiap tahunnya.

Semoga peringatan hari bersejarah ini menjadi momentum Evaluasi dan Instropeksi terhadap apa yang telah kita sumbangkan untuk Kabupaten Tanggamus, khususnya dalam mendorong terciptanya Kabupaten Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera.

Dihari Paling Bahagia bagi Kabupaten tercinta, Saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun Ke-26 Kabupaten Tanggamus, Kabupaten kebanggaan kita semua, Bumi Begawi Jejama, Kabupaten yang dicintai lebih dari 640 ribu warga masyarakat nya, dari ujung Kecamatan Pugung sampai ujung Kecamatan Pematang Sawa, dari ujung Kecamatan Ulubelu sampai ujung Kelumbayan. Kabupaten dengan 20 Kecamatan dan 302 Pekon/Kelurahan. Kabupaten yang kerap dijuluki Tangga Menuju Sukses, Tanggamus Menuju Surga. Tanggamus memang KEREN.

Sebagai masyarakat Tanggamus, kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Tanggamus sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini, dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan kedepan dengan kerja yang produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih gemilang.

Begitu juga sebagai generasi penerus, mari kita jadikan sejarah sebagai sebuah untaian peristiwa penuh makna dan hikmah, lalu dari sejarah kehidupan pemerintahan dan pembangunan Tanggamus selama ini, kita bisa memetik pembelajaran bahwa setiap
generasi kepemimpinan memiliki warna dan dinamika tersendiri sesuai era dan zamannya.

Kepada pendahulu dan para pendiri Kabupaten Tanggamus, dengan hormat kami menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas jasa dan pengabdian terbaik kepada Kabupaten Tanggamus yang sama-sama kita cintai dan kita banggakan. Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus menjadikan tema Peringatan
HUT ini, yaitu “Tanggamus Keren”.

Seperti kita tahu selama 3 (tiga) tahun terakhir, Pandemi Covid-19 melanda kita dan seluruh dunia. Merusak sendi-sendi kehidupan kita dan Syukur Alhamdulillah Pandemi saat ini sudah dapat kita kendalikan. Dengan segala keterbatasan akibat dampak Pandemi, kita masih bisa terus bekerja keras memberikan yang terbaik bagi kabupaten dan warga masyarakat kita tercinta, sebagai contoh dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, kita telah berusaha melakukan perubahan sungguh-sunggguh untuk membangun pemerintahan yang baik, serta memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya, dengan membudayakan pelayanan RATU (Ramah, Amanah, Tegas dan Unggul), memenuhi rasa keadilan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan, dan mendahulukan kepentingan rakyat.

Beberapa indikator pembangunan menunjukkan perbaikan yang lebih baik, diantaranya Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Tanggamus, Tahun 2022 di angka 67,22 meningkat dari tahun 2021 yang sebesar 66,65, dengan sinergisitas berbagai program di bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian yang dilaksanakan dengan kolaboratif seperti Program Semua Bisa Sekolah atau SBS, Program Sekolah Ceria, Program Anak Sekolah Ingin Kuliah (ASIK), dan lain-lain diharapkan mampu mendorong pencapaian target IPM sebesar 68,37.
Angka Kemiskinan Tanggamus tahun 2022 berhasil turun di angka 10,98%, dibanding Tahun 2021 sebesar 11,81%. Diharapkan di tahun 2023 ini angka kemiskinan dapat turun menjadi 1 digit sekitar 9,54%. Ini akan kita kolaborasikan dengan upaya
pengentasan 3 Pekon tertinggal, 220 Pekon berkembang, sehingga Pekon maju akan bertambah dari 76 Pekon maju saat ini.

Angka Pertumbuhan Ekonomi di angka 4,16% dari tahun sebelumnya 2,3%. Diharapkan tahun ini akan meningkat menjadi 5 %, yaitu dengan penguatan ekonomi terutama sektor UMKM dan sektor informal lainnya, sehingga mendorong daya beli masyarakat termasuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok. Indeks Kepuasan Masyarakat di angka 86,43 dari 70,93.

Jumlah Sekolah di Kabupaten Tanggamus saat ini berjumlah :
a. Sekolah PAUD/Sederajat, 504 Sekolah (5 Negeri, 499 Swasta).
b. SD/Sederajat, 465 Sekolah (402 Negeri, 63 Swasta).
c. SMP/Sederajat, 129 Sekolah (53 Negeri, 76 Swasta), Untuk SMA/Sederajat di kelola dan dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi.

Untuk Program Semua Bisa Sekolah (SBS), yaitu program unggulan untuk meningkatkan IPM, telah kita laksanakan sejak 2019 dan sampai kini telah
meluluskan 8.634 Siswa :
- 2019 : 816 Siswa.
- 2020 : 1.880 Siswa.
- 2021 : 2.121 Siswa.
- 2022 : 3.817 Siswa.

Pada Bidang Kesehatan, kita telah melaksanakan pembangunan fasilitas kesehatan berupa 2 unit baru Puskesmas, yaitu Puskesmas Gunungsari, Kecamatan Ulubelu dan Puskesmas Martanda, Kecamatan Pematang Sawa. Saat ini sedang dalam proses izin operasional. Sehingga nantinya akan ada 26 Puskemas se-Kabupaten Tanggamus.

Ketersediaan Alat Kesehatan pada Puskesmas se-Kabupaten Tanggamus :
- USG : ada di 18 Puskesmas.
- Hematology Analyzer : 17 Puskesmas.
- Inkubator Bayi : 13 Puskesmas.
- Alat Tes Cepat Molekuler : 5 Puskesmas.
- Alat Fogging : 21 Puskesmas.

Pembangunan dan Rehabilitasi Rumah Sakit Umum Daerah Bathin Mangunang (RSUD BM) Tahun 2022 Pembangunan Poli Mata dan THT, serta IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah). Rehab Gedung Rawat Inap klas I, Penyakit Dalam 1 dan 2, Rehab dan Perluasan Instalasi Laboratorium, Instalasi Radiologi, Rehabilitasi Narkoba dan Gedung O.K. Central.

Pekon ODF saat ini sebanyak 52 Pekon atau mencapai 17,21 %. Terjadi Penurunan Lokus Stunting diKabupaten Tanggamus setiap tahun :
- 2020 : pada 8 Kecamatan dan 33 Pekon.
- 2021 : pada 9 Kecamatan dan 26 Pekon.
- 2022 : pada 7 Kecamatan dan 14 Pekon.

Sektor Infrastruktur Kabupaten Tanggamus :
a. Panjang Jalan Kabupaten Tanggamus adalah 1.339,37 km dengan penanganan pada tahun 2022 sepanjang 11,63 km, sedangkan pembangunan Jembatan sebanyak 1 Unit.
b. Panjang Jalan Lingkungan/Poros Perdesaan Kabupaten Tanggamus adalah 489,08 km dengan Panjang penanganan pada Tahun 2022 sepanjang 18,16 km dan Pembangunan Jembatan sebanyak 1 Unit dianggarkan melalui APBD.
c. Penyediaan Air Minum pada Tahun 2022 sebanyak 1.144 Sambungan Rumah yang
dianggarakan melalui Dana Alokasi Khusus.
d. Penyediaan Air Limbah/Sanitasi pada Tahun 2022 sebanyak 293 KK dan Pembangunan TPS-3R sebanyak 2 Unit yang dianggarakan melalui DAK.
e. Pada penanganan sektor Irigasi dan Sungai, melalui Pembangunan dan Peningkatan Infrastruktur sebagai Penanganan Bencana dan Produksi Pertanian pada Tahun 2022 dilakukan sebesar 8.057 M3 yang dianggarkan melalui Dana APBN dan APBD.
f. Pembangunan dan Penyediaan Rumah Layak Huni pada Tahun 2022 sebanyak 810 Rumah yang dilaksanakan melalui Dana DAK sebanyak 344 Rumah, Hibah Provinsi sebanyak 146 Rumah, dan Dana APBD sebanyak 320 Rumah baik pembangunan baru, peningkatan kualitas dan penanganan relokasi bencana daerah.
g. Melaksanakan Pembangunan GOR Mini Type B, dan telah kita resmikan sekaligus sebagai tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) pada tahun lalu.

Program 55 Aksi Bupati dan Wakil Bupati juga telah kita laksanakan dan sebagian besar membawa hasil dan dampak yang cukup baik, diantaranya :
1. Program 1 Ambulans 1 Pekon : saat ini telah tersedia 298 unit mobil Ambulans Pekon dan Kapal Ambulans Laut. 1 Pekon (Atar Lebar-BNS) belum memiliki, dikarenakan lokasi medan transportasi sangat menyulitkan sehingga belum ter-akomodir.
2. 17 Puskesmas Rawat Inap yang ada, telah memiliki alat USG.
3. Akte Kelahiran sudah dapat diterima di klinik bersalin, Puskesmas Rawat Inap dan RS.
4. Pelayanan Adminduk dengan mobil e-KTP keliling yang rutin dilaksanakan dan tidak dipungut biaya.
5. Perluasan Jaringan Komunikasi, dengan fasilitasi pembangunan menara telekomunikasi di Daerah terpencil, diantaranya pembangunan BTS di Kelumbayan, Cukuh Balak dan Pematang Sawa.
6. Melaksanakan Program pemberantasan buta aksara Al-Qur’an melalui Lomba Da’I Cilik, MTQ Pelajar dan sebagainya.
7. Setiap tahun memberikan penghargaan Santri dan Santriwati, Siswa-Siswi berprestasi, pemberian insentif kepada 1.496 guru TKS, 767 tenaga teknis, 1.258 pendidik PAUD dan 1.727 guru PGHM.
8. Setiap tahun memberikan Bantuan Operasional Lembaga PAUD kepada 504 Lembaga.
9. Mewujudkan Kabupaten Tanggamus sebagai Kabupaten yang Agamis. Hal ini ditandai dengan banyaknya tempat ibadah 991 Masjid, 1.159 Musholla, 14 Gereja Katolik, 15 Gereja Protestan, 6 Pura dan 1 Vihara.
10. Pemberangkatan Umroh, pemberian bantuan kepada Masjid dan Musholla, serta pemberian bantuan terhadap Pondok Pesantren.
11. Insentif Guru Ngaji, Bantuan Operasional Penggiat Keagamaan, Bantuan Majelis Taklim dan Organisasi Keagamaan.
12. Untuk insentif dan tunjangan tenaga kesehatan juga terus kita berikan, terdapat 545 orang Bidan, 264 orang Perawat, 79 orang Ahli Gizi, 52 orang Dokter Umum, 14 orang Dokter Spesialis, 3 orang Dokter Gigi, dan 14 orang Tenaga Farmasi.

- Prestasi dan penghargaan yang kami terima dan Kabupaten Tanggamus terima, diantaranya :
1. Meraih Opini WTP dari BPK, merupakan raihan 4 Tahun berturut-turut selama 4 tahun menjabat Bupati Tanggamus. Secara total Tanggamus telah meraih 7 kali raihan WTP dari BPK (Tahun 2015, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021 dan 2022).
2. Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Lampung, ini merupakan raihan Juara Umum untuk 6 kali berturut-turut sejak Tahun 2016 sampai dengan Tahun 2022.
3. Meraih Penghargaan Anugerah Paritrana Award (Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) Tingkat Provinsi Lampung, dari BPJS Ketenagakerjaan.
4. Meraih Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan, dari Ombudsman RI.
5. Penghargaan sebagai Perpustakaan Kabupaten dan Desa terbaik tingkat nasional dalam program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial 2021 dan 2022 dari Kantor Perpustakaan Nasional RI.
6. Meraih Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2022 sebagai 10 besar Kabupaten terbaik tingkat Nasional, dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI.
7. Meraih Penghargaan SAKIP dan Reformasi Birokrasi Award 2022 atas Pencapaian Evaluasi SAKIP dan Reformasi Brokrasi, dari Kemenpan-RB RI.
8. Penghargaan atas Dukungan Program Vaksinasi dari Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Lampung.
9. Meraih Penghargaan Perempuan Inspiratif-Inisiator Saber Pekan pada IKWI Award.
10. Meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Nindya, dari Menteri PPPA-RI.
11. Meraih Penghargaan Kategori Penggerak Koperasi Madya dari Dewan Koperasi Indonesia.
12. Meraih Penghargaan Award Leader for Sustainable Development Kategori Kepedulian Terhadap Lingkungan, dari Universitas Bandar Lampung.
13. Meraih Penghargaan Atas Kontribusi yang Berpengaruh Terhadap Korps Brimob Polri.
14. Meraih Penghargaan Pengelolaan dan Implementasi e-KPB Terbaik pada KPB Award
2022, oleh Gubernur Lampung.
15. Meraih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM dari Kemenkum HAM RI.
16. Meraih Posisi 4 Besar dengan total 74 Medali Emas, pada gelaran Pekan Olahraga Provinsi Lampung IX Tahun 2022. Ini merupakan loncatan prestasi olahraga terbaik dari Kabupaten Tanggamus pada ajang PORPROV.
17. Meraih Top Pembina BUMD Award pada tahun 2020, 2021 dan 2022.
18. Meraih Penghargaan Atas Komitmen dan Dukungan Terhadap Program Pengembangan Kawasan I-CARE, dari Kementerian Pertanian RI.
19. Meraih Penghargaan Sebagai Kepala Daerah Perempuan Inspiratif Peduli Sosial
Kemasyarakatan dari Radar Lampung.
20. Meraih Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 dengan Kategori Kabupaten Terinovatif, dari Kemendagri.

Banyak lagi penghargaan serta prestasi lainnya, baik prestasi individu atau prestasi daerah. Keberhasilan dan prestasi ini merupakan buah keberhasilan kerja keras dan kerja nyata dari seluruh komponen warga masyarakat Kabupaten Tanggamus, termasuk rekan-rekan Anggota Forkopimda, para Anggota DPRD, ASN, TNI/Polri, Partai Politik, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Pemuda Pemudi dan lain-lain.

Usai Upacara Peringatan HUT Ke 26 Kabupaten Tanggamus dilanjutkan dengan Ziarah ke Taman Makan Pahlawan Pekon Simpang, Kecamatan Kotaagung Timur.

Kegiatan Upacara Ziarah Dipimpin oleh Letkol INF Vicky Heru Harsanto, S.I.P., M.Si, (Dandim 0424/Tanggamus), usai Upacara ziarah acara dilanjutkan dengan kegiatan Do’a bersama di Rumah Dinas Bupati Tanggamus, kegiatan berjalan dalam keadaan tertib dan aman.

ADV/DIAN AKROBI/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

SMAN Darmaraja Menjadi Sekolah Idola

SUMEDANG, JMI - Pelaksanaan PPDB Tahun ajaran 2024 - 2025 di Sekolah menengah atas negeri Darmaraja untuk jalur prioritas terde...