WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati dan Wabup Subang Bersama Kadin Kab.Subang Lepas Ekspor Perdana Jahe Ke Dubai Uni Emirat Arab

Subang JMI - Bupati Subang H. Ruhimat, didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, menghadiri pelepasan ekspor perdana jahe ke Dubai, Uni Emirate Arab, bertempat di Cicadas, Subang. Sabtu, 15 April 2023.

Ekspor Jahe tersebut dilakukan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Subang, dengan jumlah ekspor jahe yang dikirim 100 ton di mana pada pengiriman perdana berjumlah 25 ton.

Ketua Panitia penyelenggara Rohmani, dalam sambutannya menyampaikan bahwa jahe Kabupaten Subang mendapatkan respon baik dari timur tengah.
"Ekspor jahe ke dubai ini luar biasa, karena ini respon dari timur tengah."tuturnya.

Selain itu dirinya menyatakan bahwa dengan ekspor perdana ini memberikan pengaruh baik bagi nama besar Kabupaten Subang di mancanegara.

"Kabupaten Subang menjadi besar di negara negara lain"tandasnya.

Lebih lanjut," Rohmani  mengatakan bahwa Terkait ekspor yang dilakukan oleh Kadin, bahwa Kadin telah melaksanakan berbagai ekspor seperti kopi dan jahe, dan selanjutnya akan mengekspor produk-produk UMKM Kabupaten Subang.

"Ada 3 negara, UEA terkait kopi, jahe ke Dubai, setelah lebaran kita eskpor ke Singapura yaitu hasil umkm subang."jelasnya.
Menutup sambutannya rohmani menyatakan bahwa ekspor perdana jahe ke Dubai ini merupakan awal berbagai komoditi yang ada di Kabupaten Subang untuk dipasarkan ke mancanegara.

"Dengan adanya perdana ekspor ke Dubai ini, menjadi awal komoditi subang kita pasarkan ke mancanegara."ungkap Rohmani.

Sementara itu, Ketua Kadin Kabupaten Subang Ir. H. Agus Prabanta dalam sambutannya menyatakan bahwa program-program kabin tidak terlepas dari koordinasi yang baik dengan dinas-dinas terkait salah satunya di bidang pertanian untuk mengembangkan potensi yang ada di Kabupaten Subang.

"Kita selalu koordinasi dengan dkupp dan dengan pertanian, untuk memetakan potensi pertanian, dan salah satunya terkait jahe yang hari ini akan ekspor."paparnya.

Selain itu dirinya menyatakan bahwa suplai jahe yang dikirim berasal dari tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Subang.

"Pertanian yang menyuplai berasal dari Cisalak tanjungsiang dan serangpanjang sebagian."Tuturnya.

Dirinya pun menjelaskan bahwa jahe yang diekspor merupakan komoditas jahe gajah yang sangat diperlukan oleh bangsa-bangsa Arab.

"Jahe yang diekspor adalah Jahe Gajah, Potensi yang ada di Subang sebesar 20-30 hektar. Jahe gajah adalah komoditas yang dibutuhkan oleh jazirah Arab."jelas ketua Kadin kabupaten Subang.

Sementara itu, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Subang sangat mendukung hadirnya Kadin yang mampu mengekspor jahe hingga ke Dubai.

"Pemerintah Sangat mensupport Kadin, terlihat dari semua pemangku kebijakan hadir pada pelepasan ekspor jahe ke Dubai."Tuturnya.

Agus Masykur menjelaskan bahwa ekspor menjadi variabel perdagangan internasional yang berkontribusi positif bukan hanya terhadap tingkat pendapatan nasional namun juga terhadap pendapatan daerah.
"Ekspor berperan penting sebagai katalis tumbuhnya investasi dalam negeri dan penyerapan tenaga kerja."jelasnya.

Wakil Bupati Subang pun menyatakan bahwa dengan ekspor perdana jahe ini menjadi pembuka untuk mengekspor komoditas komoditas produk unggulan Kabupaten Subang yang lain.

"Ini menjadi sesuatu yang luar biasa, hari ini kita ekspor jahe, mungkin kedepan akan muncul ekspor produk unggulan lainnya. Inilah kolaborasi yang dibutuhkan oleh Pak Bupati, harus adanya sinergitas dari segala sektor."Tandasnya.
Untuk mendukung adanya ekspor produk unggulan tersebut Kang Akur menjelaskan bahwa Bupati Subang telah menyiapkan sebesar 6000 hektar lahan untuk dapat dijadikan sebagai lahan olahan kebutuhan pangan baik bagi nasional maupun internasional."Pak bupati menyiapkan 6000 hektar untuk komoditas lainnya.

Menutup sambutannya Agus Masykur menjelaskan bahwa pemerintah Kabupaten Subang akan mendukung berjalannya ekspor yang dilaksanakan oleh Kadin, dan mengajak untuk terus berkolaborasi dan menjalin sinergitas.

"Pemerintah kabupaten subang yang dipimpin oleh pak bupati, mendukung, dan kadin harus membuka akses. Mari kita terus berkolaborasi, menjalin sinergitas."Ungkap wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi.

Acara dilanjutkan dengan meninjau produk jahe dan Prosesi Pelepasan Ekspor Perdana Jahe ke Dubai Uni Emirate Arab oleh Kang Jimat dan Kang Akur, didampingi oleh Sekda Subang, Ketua Kadin dan jajaran Kadin lainnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Plt. Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kadishub, Kadis Pertanian, Kadis DKUPP, Kabag Perekonomian Setda Subang, Anggota DPRD, Camat Subang dan jajaran Kadin Kabupaten Subang.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Syukuran di Kantor Subdenpom III/4-3 Pandeglang Dalam Rangka Hari Ulangtahun Polisi Militer Angkatan Darat ke 78

Lebak, JMI - Dengan mengusung tema, 'Dedikasi tanpa henti mengabadikan kiprah Polisi Militer TNI Angkatan Darat guna menyon...