WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Waspada, Ini Daftar Titik Rawan Kecelakaan di Tol Trans Jawa


Jakarta, JMI
- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah memetakan titik blackspot atau rawan kecelakaan yang ada di sepanjang jalur Tol Trans Jawa.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan menyampaikan suatu lokasi dinyatakan sebagai titik rawan kecelakaan berdasarkan pada sejumlah kriteria.

"Jarak radius dari titik blackspot 500 meter, poin laka minimal 30 atau lebih (laka menyebabkan korban meninggal dunia 10 poin, luka berat 5 poin, luka ringan 1 poin), periode kejadian 2 tahun," kata Aan dalam keterangannya, Sabtu (15/4).

Berikut daftar titik rawan kecelakaan di Tol Transjawa:

1. Tol Jakarta-Merak KM 68

2. Tol Jakarta-Merak KM 64

3. Tol Jakarta-Cikampek KM 48

4. Tol Jakarta-Cikampek KM 66A

5. Tol Cikopo-Palimanan KM 78

6. Tol Cikopo-Palimanan KM 131

7. Tol Solo-Ngawi KM 552

8. Tol Solo-Ngawi KM 569

9. Tol Ngawi-Kertosono KM 639

Sebelumnya, Mabes Polri menyebut Jawa Timur menjadi wilayah dengan jumlah kecelakaan tertinggi selama periode mudik Lebaran 2022.

Menurut Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Irjen Agung Setya Imam Effendi, jumlah kecelakaan banyak ditemukan pada wilayah-wilayah yang jauh dari Jabodetabek sebagai titik asal mudik.

Kondisi ini, kata dia, disebabkan beberapa faktor, seperti arus lalu lintas yang padat dan kelelahan akibat perjalanan jarak jauh.

"Data kita menunjukkan bahwa di Jawa Timur tahun lalu itu paling banyak kecelakaan sehingga kita kemudian disusul Jawa Tengah dan Jawa Barat," kata Agung kepada wartawan, Jumat (14/4).

Atas dasar ini, Agung mewanti-wanti masyarakat agar melakukan perjalanan mudik dalam kondisi yang prima. Selain itu, ia juga mengingatkan masyarakat tidak memaksakan diri melanjutkan perjalanan dan beristirahat di rest area yang tersedia.
 

Sumber CNNIndonesia/JMI/RED

 

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Rapat Paripurna DPRD, Pj.Bupati Subang Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2023

Subang, JMI - Penjabat Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Subang dengan agenda Penyampa...