WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Ajag Resahkan Warga Ciamis! Belasan Domba Diduga Dimangsa


Ciamis JMI,
Warga di Desa Kaunglarang, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis resah. Pasalnya puluhan ekor ternak domba milik warga diduga dimangsa ajag atau sejenis serigala. Kejadian tersebut sudah tiga hari berturut-turus dari pagi sampai sore hari.

Bahkan, satu ekor ajag tertangkap warga saat di kandang domba dan mati setelah dibunuh oleh masyarakat.

Kasi Pemerintahan Kaunglarang Maman Mandiri membenarkan bahwa di desanya sudah ada empat kejadian selama tiga hari domba warga dimangsa ajag. Domba yang dimangsa mulai terjadi pada Senin (1/5/2024) pagi sebanyak 3 ekor dan setelah magrib 8 ekor. Kemudian keesokan paginya ada lagi yang dimangsa sebanyak 3 ekor. Selanjutnya pada Rabu (3/5/2023) pagi ada lagi dua ekor yang dimangsa.

"Saya dapat kabar lagi di beda wilayah di Desa Wangunsari, Kecamatan Rancah ada tiga ekor dimangsa lagi," ungkapnya.

Total ternak domba yang dimangsa di Kaunglarang, kata Maman, mencapai 16 ekoran.

"Lumayan banyak ternak masyarakat yang dimangsa," katanya.

Maman menduga pemangsanya itu berbentuk anjing tapi kata masyarakat ajag atau sejenis serigala. "Memang ada yang melihat bahkan ada yang kena satu oleh masyarakat, kalau tidak bisa (tertangkap), satu kandang habis dimangsa," ucapnya.

Maman menambahkan, berdasarkan pengakuan saksi, anjing itu ada yang berwarna hitam dan merah. "Untuk mengantisipasi hewan ternak dimangsa, ada dari kepolisian, TNI dan masyarakat ronda malam," katanya.

Selain itu, lanjut Maman, pihaknya berkoordinasi dengan semua pihak untuk mengatasi masalah tersebut. "Kemungkinan besok jadi memburu anjing tersebut," jelasnya.

Memang, kata Maman, kejadian ini membuat resah masyarakat yang mempunyai hewan ternak. "Memang kejadian (yang sama) 25 tahun ke belakang pernah terjadi malam hari saja, oleh Ajag. Tapi, kalau kali ini pagi, siang, malam, baru kali ini, aneh juga," herannya

Pemerintah Desa Kawunglarang pun telah melaporkan kejadian tersebut ke tingkat Kabupaten Ciamis dan instansi terkait. Supaya ada penanganan lebih lanjut kemunculan kawanan ajag yang meresahkan masyarakat belakangan ini.


zr/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

SMAN Darmaraja Menjadi Sekolah Idola

SUMEDANG, JMI - Pelaksanaan PPDB Tahun ajaran 2024 - 2025 di Sekolah menengah atas negeri Darmaraja untuk jalur prioritas terde...