WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Luwu Resmikan “Jembatan Lekopini Baru” Hibah dari Masmindo


Belopa JMI, 
Sabtu 06/05 pagi kemarin menjadi hari yang membahagiakan dan membanggakan bagi warga masyarakat Luwu. Disaksikan sejumlah pihak, Bupati Luwu Basmin Mattayang meresmikan Jembatan Baru Lekopini yang pembiayaannya bersumber dari dana hibah PT Masmindo Dwi Area (Masmindo). Dalam peresmian tersebut turut hadir Kapolres Luwu AKBP Arisandi beserta jajarannya, Direktur Utama Masmindo Trisakti Simorangkir, sejumlah kepala OPD dan juga anggota Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) Kab. Luwu, perwakilan Dandim 1403 Sawerigading dan jajarannya, Camat Bajo Barat, Kepala Desa Bonelemo, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, perwakilan manajemen dan karyawan Masmindo, serta sejumlah awak media. 

Jembatan Lekopini Baru ini berdimensi panjang 30 meter dan lebar 7,5 meter, dengan daya dukung (kekuatan) jembatan hingga maksimal 60 ton. Pekerjaan pembangunan jembatan ini diselesaikan dalam waktu 6 bulan, sejak dilakukannya proses peletakan pertama jembatan yang dilangsungkan pada Oktober 2022 lalu, juga oleh Bupati Luwu dan pihak Direksi Masmindo saat itu. 

Penyelesaian pekerjaan jembatan ini dilakukan dan diselesaikan dengan kualitas kerja yang cukup baik serta dalam waktu penyelesaian yang relatif lebih cepat dari jadual yang ditentukan sebelumnya dalam kontrak kerja.  Seperti diungkapkan Bupati Luwu dalam sambutan saat peresmian, “Hal yang paling membanggakan bagi kita semua adalah bahwa pembangunan Jembatan Lekopini Baru ini dapat diselesaikan dengan cepat dengan tanpa mengurangi kualitas. Dan ini layak dibanggakan karena yang mengerjakannya adalah kontraktor lokal Luwu”.

Bupati Luwu juga menyampaikan, “Pemkab Luwu berterimakasih atas kehadiran Masmindo, khususnya dalam hal inisiatif dan upayanya dalam pembangunan jalan dan jembatan ini, karena ini semua akan memudahkan akses masyarakat dan kemudian dapat mendorong peningkatan ekonomi setempat. Semua pihak perlu menyadari dan memberikan dukungan agar investasi daerah, termasuk yang dilakukan Masmindo, dapat terus berjalan dengan lancar”. Tambahnya, “Saya berharap agar hambatan-hambatan dalam investasi dan operasi Masmindo dapat ditangani dengan baik dengan terus membangun komunikasi yang intens antara Masmindo dengan semua pihak, termasuk pemerintah daerah. Pemkab Luwu mendukung penuh kehadiran Masmindo”. 

Pembangunan Jembatan Lekopini Baru merupakan salah satu komitmen Masmindo yang tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah. Untuk diketahui, penandatanganan NPHD antara Direksi Masmindo dengan Bupati Luwu ini telah berlangsung pada 16 Maret 2022 di Kantor Bupati Luwu disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu dan sejumlah Kepala OPD Kab. Luwu, serta jajaran Manajemen Masmindo. Dalam naskah tersebut disebutkan bahwa Masmindo menghibahkan dana sebesar Rp 67 miliar yang diberikan secara bertahap kepada Pemerintah Kabupaten Luwu untuk proses pembangunan dan peningkatan kualitas jalan akses utama antara Belopa – Ranteballa melalui Marinding sepanjang lk. 38 km, pembangunan Jembatan Lekopini Baru, dan jalan masyarakat antara Boneposi – Kadundung.



Pembangunan infrastrukur merupakan bagian dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Masmindo. Masmindo kini tengah bersiap menuju fase konstruksi sebagai salah satu tahap penting dalam aktivitas tambangnya, dan ke depan Operasi Tambang Masmindo ini tentunya akan memberikan manfaat lebih banyak lagi bagi para pemangku kepentingan, terutama masyarakat setempat.


M.Aris/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

SMAN Darmaraja Menjadi Sekolah Idola

SUMEDANG, JMI - Pelaksanaan PPDB Tahun ajaran 2024 - 2025 di Sekolah menengah atas negeri Darmaraja untuk jalur prioritas terde...