WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pasar Lawas Majalengka Akan Dijadikan Hutan Kota


MAJALENGKA, JMI
- Lahan Pasar Lawas yang berada di Jalan KH Abdul Halim, Kelurahan Majalengka Wetan Kecamatan Majalengka akan dibangun wisata hutan kota berkonsep arboretum.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Majalengka, H. Agus Tamim mengatakan, bahwa untuk alokasi anggaran yang dipersiapkan bagi pembangunan hutan kota berkonsep arboretum ini mencapai Rp 10 Miliar.

Ia menyebut, jumlah anggaran tersebut termasuk dengan anggaran untuk konsultan dan saat ini proses lelang konsultan telah selesai.

Rencananya, pada waktunya nanti pelaksanaan masa pengerjaan pembangunan diproyeksikan kurang lebih selama 6 bulan kalender.

“Anggaran Rp 10 Miliaran itu untuk konsultan dan fisik, luas lahan yang akan dibangun sekitar 1/3 luas Pasar Lawas atau kurang lebih sekitar 3 hektaran,” ungkap Agus Tamim, Rabu (24/5/2024).

Untuk konsep hutan kota yang akan dibangun lebih mengarah ke konsep arboretum itu akan ditanam beragam spesies pepopohan, termasuk di antaranya pepohonan yang mulai langka.

Selain itu juga, lanjutnya, akan dilengkapi dengan situ dan tendon air untuk menyuplai air ke beberapa tempat sekitar lokasi tersebut.

"Ini merupakan upaya Pemkab dalam pemenuhan ruang terbuka hijau di perkotaan, sekaligus sebagai kantong resapan air serta mampu menjaga kelestarian dan keseimbangan ekosistem perkotaan,” tandasnya.

 

Yaya Ruhiyat/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Tahapan Coklit Berakhir, KPU Subang Mencoklit 1.200.596 Pemilih Lanjut Tahapan Berikutnya Persiapan Pilkada 2024

Subang, JMI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang dengan bangga mengumumkan bahwa tahapan pencocokan dan penelitian (c...