WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Tuai Keritikan, Heru Budi Angkat Bicara Soal Desain HUT Jakarta Ke-496


Jakarta, JMI
- Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono angkat bicara soal kritik warganet yang ramai di media sosial Twitter soal desain logo HUT Jakarta ke-496. Heru mengatakan pembuatan logo itu telah melibatkan seluruh pihak bahkan dilakukan sayembara.

“Kan kita sudah (melibatkan) semua,” kata Heru di Central Park, Jakarta Barat, Ahad, 21 Mei 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengatakan terdapat sekitar 500 usulan tema yang masuk melalui landing page yang kemudian disaring oleh Perangkat Daerah Pemprov DKI Jakarta.

“Kita lombakan kok, desain (logo HUT) Jakarta kita lombakan,” kata Joko Agus.

Selain itu, Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menegaskan bahwa Pemprov DKI melibatkan seluruh partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam pembuatan desain logo HUT Jakarta.

“Ini dibuktikan dengan pemberian apresiasi kepada desainer, kan ada dalam satu sesi di pencanangan tadi, Pak Gubernur memberikan piagam penghargaan kepada desainer yang itu prosesnya by in,” ucapnya.

Artinya, kata dia, masyarakat telah diberikan waktu yang cukup untuk mengusulkan, termasuk kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Saat ditanya apakah Plus Jakarta juga terlibat, Sigit tidak menjawab secara gamblang. “Tidak hanya tapi semua diberikan kesempatan dan ruang yang sama karena kita waktu itu launching nya pada website,” katanya.

Dalam pidato sambutan pada acara pencanangan HUT Jakarta ke-496 di Monas Silang Utara, Ahad pagi, Joko Agus mengatakan setelah dipilih dua tema, maka selanjutnya diajukan kepada Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono dan terpilih tema ‘Jakarta: Jadi Karya untuk Nusantara’ yang diusulkan oleh Yunita Irmania, ASN dari Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

Dalam Pencanangan HUT ke-496 Kota Jakarta, Heru Budi memberikan piagam penghargaan kepada Yunita Irmania atas ide yang diberikan dan terpilih sebagai tema HUT Jakarta tahun ini.

Sebelumnya, beredar kritik soal desain logo HUT Jakarta Ke-496 di Twitter. Salah satu akun @joyxxx menilai tidak ada semangat call to action pada tema dan tagline. “Secara tema dan tagline, jujur tidak ada semangat call to action. Tidak reflektif vis a vis semangat masyarakat Jakarta,” kata pemilik akun itu yang dikutip Tempo, Senin, 22 Mei 2023.

 

Sumber Tempo/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dukung Produktivitas Pertanian, Dinas PUTR Majalengka Gencar Optimalisasi Saluran Irigasi

MAJALENGKA, JMI - Dalam upaya menjaga ketersediaan air bagi sektor pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupat...