WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Malam Puncak Seni dan Budaya Peringati HUT RI Ke-78, Menggelar Wayang Golek Giri Harja 3 di Desa Cikujang

 

Subang, JMI - Malam Puncak Gelar Seni dan Budaya dalam rangka HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Peringatan Hari Krida Pertanian desa cikujang kecamatan serangpanjang, di hadiri Bupati Subang H Ruhimat di dampingi Sekertaris daerah kabupaten Subang H.Asep Nuroni.S.Sos,M.Si, bertempat di Lapang Desa Cikujang, Senin (28/08/2023).

Pada malam puncak tersebut ditampilkan gelaran wayang golek yang dibawakan oleh Grup Wayang Golek Putra Giri Harja 3 pimpinan Ki Dalang H. Dadan Sunandar Sunarya. Rangkaian acara HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Desa Cikujang tersebut mengangkat tema 'Gawe Bareng Pemdes Cikujang dan Warga Masyarakat Desa Cikujang'.

Kepala Desa Cikujang Rodiah SP dalam laporannya menghaturkan selamat datang kepada Bupati Subang H Ruhimat menyatakan kegiatan ini sebagai ungkapan syukur HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Atas nami warga masyarakat Desa Cikujang ngawilujengkeun Pak Bupati. Maksad sareng tujuanana tasyakur bini'mah Kemerdekaan RI Ke-78."Tuturnya.

Rodiah menambahkan masyarakat Cikujang merasa sangat dicintai oleh H Ruhimat selaku Bupati Subang, karena meskipun terkena badai Pandemi Covid-19 pembangunan dan berbagai program di Desa Cikujang dapat terealisasi.


"Sadaya masyarakat Cikujang 2019 ngulem Pak Bupati hoyong Cikujang langkung majeng. Alhamdulillah nganuhunkeun pisan  perhatosan sareng kanyaah ti Pak Bupati tos terealisasi sadaya rupina di Desa Cikujang. Jalanna lecir walaupun diterpa Covid-19."Terangnya.

Rodiah menjelaskan rangkaian kegiatan HUT RI Desa Cikujang murni merupakan hasil jerih payah dan gotong royong masyarakat Desa Cikujang sebagai persembahan bagi Kang Jimat.

"Alhamdulillah kegiatan dina ieu wengi salah sawios bukti ngahijina Desa Cikujang, ngabaktina Desa Cikujang. Kegiatan ti awal dugi ka akhir full teu aya pamasihan ti ditu ti dieu. Ieu mah estuning jerih payah masyarakat Desa Cikujang. Kado terindah kanggo Pak Bupati ti warha masyarakat Desa Cikujang."jelasnya.

Bupati Subang H Ruhimat Membuka sambutannya menyatakan kekompakan masyarakat Desa Cikujang patut menjadi contoh bagi daerah lain khususnya di Kabupaten Subang dan berpesan agar kekompakan tersebut dapat terus dilestarikan.


"Kekompakan Desa Cikujang patut jadi contoh di tingkat Kabupaten Subang. Nuhun ka semua warga Cikujang. Mangga urang tetep pertahankeun kebiasaan anu tos dijalankeun."tutur Bupati Subang H Ruhimat.

Bupati Ruhimat mengungkapkan, menurutnya kemerdekaan Republik Indonesia akan sia-sia apabila hanya diisi dengan kemalasan karena kemalasan lah akar dari kebodohan yang mengakibatkan kemiskinan. Selain itu kemalasan yang dilestarikan hanya akan menjadi penghambat kemajuan Kabupaten Subang dan kemajuan Indonesia.

"Bagaimana cara kita mengisi kemerdekaan? Kemerdekaan di mata saya adalah tidak ada kemalasan. Tolong kemalasan dihilangkan. Upami tos teu aya kemalasan, tos teu aya kebodohan, insyaAllah teu aya kemiskinan."ungkapnya.

Lebih lanjut,"Bupati  menjelaskan terkait upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dalam menyongsong hari esok Subang khususnya di bidang infrastruktur dengan pembangunan beberapa ruas jalan baru yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi kemajuan Subang dan generasi masa depan Subang.

"Pemerintah Darrah ayeuna nuju mempersiapkeun jalan Cilamaya-Patimban, Cipeundeuy-Serangpanjang, Jalan lingkar Jalancagak, Jalan Cisalak menuju Cikole. Itu semua kami siapkan untuk generasi penerus bangsa di Kabupaten Subang."jelasnya.


Khusus kepada para orang tua Bupati Subang H Ruhimat mengingatkan pentingnya mempersiapkan generasi penerus demi menghadapi masa depan terlebih Subang saat ini tengah menuju era industrialisasi agar tidak hanya menjadi penonton di rumah sendiri.

"Nitip pisan kedeung deui industrialisasi Subang. Mihape anak incu sing sungguh-sungguh diajar. Ulah tibang ngandelkeun guru hungkul. Terkait hari esok Subang mudah-mudahan tidak ada kemalasan, tidak ada kebodohan, dan insyaAllah tidak ada kemiskinan."Harapnya.

Menutup sambutannya Bupati Ruhimat memohon doa agar dirinya mampu menjalankan sisa jabatannya dengan amanah dan nerkeyakinan Subang Jawara akan terwujud dengan gotong royong.

"Simkuring tinggal 3,5 bulan deui mohon doa restu mudah-mudahan simkuring bisa amanah menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Subang. Insyaallah hari esok Subang dengan gotong royong akan lebih baik." Pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan Pagelaran Wayang Golek oleh Putra Giri Harja 3 pimpinan Ki Dalang H. Dadan Sunandar Sunarya dengan lakon Jakatawang Antasena yang diawali dengan penyerahan wayang golek kepada Kepala Desa Cikujang. Kang Jimat beserta jajaran terlihat sangat menikmati pagelaran wayang golek yang merupakan kesenian khas Jawa Barat yang sarat akan pelajaran hidup.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Daerah Bidang Administrasi Umum, Kasatpoldam Subang, Kadishub Subang, Kadispemdes Subang, Muspika Kecamatan Serangpanjang, para Camat, Kepala Desa se-Kecamatan Serangpanjang, dan masyarakat Desa Cikujang yang antusias menyaksikan gelaran wayang golek.


Pewarta : Agus Hamdan

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Sungai Cijurey Penyokong Pertanian di Majalengka

MAJALENGKA, JMI - Sungai Cijurey, yang melintasi wilayah Cibodas hingga Maja dan menyatu dengan Sungai Cilutung di Desa Bonang, Kecamatan ...