WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Masyarakat Desa Patimuan Antusias Dukung Program OPIP

Cilacap, JMI - Dalam Pemeliharaan irigasi BBWS Citanduy OP ll mengadakan program OPIP (Operasi Pemeliharaan Irigasi Partisipatif) yang dilaksanakan beberapa Desa, bahkan salah seorang warga Desa Patimuan Kecamatan Patimuan Waris merasa bersyukur dengan adanya program tersebut.

"Saya sebagai warga sangat mendukung adanya program ini,karena masyarakat khususnya petani selalu membutuhkan air ketika di musim kemarau,bahkan untuk kebutuhan lainnya, yang tentunya kami merasa terbantu dengan adanya program ini," jelasnya.

Bendahara P3A Sumber Kencana II Patimuan Marikin SW mengatakan,mendapatkan program OPIP satu kesempatan untuk mendongkrak pertanian agar lebih maju dari sekarang.

"Alhamdulillah desa kami ini mendapatkan program OPIP dengan panjang kurang lebih 745 meter, bahkan pekerjaannya selama ini lancar dan material yang dikirim dari bbws juga sangat memuaskan,"katanya.

Konsep atau model OPIP bisa menekan biaya penyelenggaraan operasi dan pemeliharaan (OP) irigasi, karena melibatkan peran serta masyarakat yang diharapkan bisa lebih efektif dalam pengerjaannya dan efisien dalam penganggarannya.

Dalam pengerjaannya pun melibatkan tenaga lokal dimana tempat berlangsungnya pekerjaan, untuk menghindari kecemburuan sosial dan juga untuk menjaga kualitas pekerjaan sekaligus sebagai pengawas dalam pekerjaan tersebut. 

Penjelasan Bendahara P3A ketika ditanya Journal Media Indonesia diamini Ketua P3A Sumber Kencana II Desa Patimuan Jikin Suwartono,bahkan ia mengatakan selalu teringat ketika konsultan mewanti- wanti dalam pekerjaan.

"Dalam paparan konsultan balai waktu itu mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan pekerjaan itu yang harus diperhatikan antara lain yaitu material Batu pada waktu pemasangan perlu hati -hati. Begitu pula material pasir dan air juga perlu waspada jangan sembarangan menggunakan air, misalnya air payau itu tidak boleh di pakai,jadi semua itu selalu kami ingat,'katanya.

Selain itu Ketua P3A Sumber Kencana II Patimuan yang didampingi Bendahara mengucapkan terimakasih kepada pemerintah/bbws Citanduy.

"Kami beserta anggota P3A Sumber Kencana II dan juga mewakili masyarakat Desa Patimuan Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap mengucapkan terimakasih kepada bbws Citanduy yang telah memberikan program OPIP ke Desa kami, semoga program Tahun ini dilanjutkan Tahun depan," pungkasnya.

OP sebagai pelaksana pemeliharaan Irigasi saat ini sedang betul- betul membantu para petani dengan harapan saluran air bisa benar- benar masuk ke lahan persawahan dengan tanpa ada hambatan tentunya. Begitu juga dalam hal menjaga kestabilan sungai, mencegah banjir dan juga menjaga kestabilan tebing jangan sampai longsor dan sekarang sedang berjalan.

Pewarta : Jelly
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Hati-Hati dan Waspada! Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Subang dari Tahun Ketahun Semakin Meningkat

Kepala dinas kesehatan Dr.Maxi saat wawancara dengan sejumlah awak media di ruang kerjanya Subang, JMI - Ditengah kemajuan jama...