WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pemkab Majalengka Tingkatkan Kapasitas Jalan Cipaku - Heuleut

MAJALENGKA, JMI - Jalan memiliki peran yang sangat penting bagi sarana moda transportasi dan penyokong aktivitas perekonomian suatu daerah menjadi perhatian serius bagi Pemkab Majalengka.

Sejumlah ruas jalan yang kondisinya mengalami kerusakan mendapat sentuhan anggaran untuk segera diperbaiki.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Majalengka, H. Agus Tamim, bahwa jalan adalah sarana utama untuk mobilitas. Untuk itu kondisinya mesti tetap terawat agar maksimal dan dapat dimanfaatkan sebagaimana fungsinya.

"Tahun ini, jalan Cipaku - Heuleut mendapat alokasi perbaikan lantaran kondisi badan jalannya berlubang, sehingga sudah tidak nyaman bila dilalui oleh pengguna jalan, khususnya bagi pengendara bermotor, ungkap Agus Tamim, Jumat (4/8/2023).

Alasan mendasar itulah yang menjadi pertimbangan Pemkab Majalengka melakukan rekondisi badan jalan poros yang menghubungkan dua desa tersebut.

Di samping itu, menurutnya jalan tersebut tergolong berada di titik strategis. Di mana lokasi tersebut kerap dilalui aktivitas yang mendukung pergerakan ekonomi warga sekitar.

"Titik lokasi jalan Cipaku - Heuleut memiliki nilai strategis, karena memungkinkan orang untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain dengan melewati ruas jalan itu menjadi cepat dan efisien," jelasnya.

Maka dengan demikian, Agus memandang, jika kondisi jalan Cipaku - Heuleut telah diperbaiki, otomatis keberadaannya sangat mendukung bagi sektor perdagangan dan distribusi barang, sehingga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

Lebih jauh, Agus memaparkan, bahwa jalan yang baik dan terawat juga merupakan faktor penting dalam keselamatan transportasi.

Permukaan jalan yang rata, penandaan yang jelas, pencahayaan yang memadai, dan peraturan lalu lintas yang ditepati dapat mengurangi risiko kecelakaan dan cedera. "Jalan yang aman juga memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada pengguna jalan," tukasnya. 

Pewarta : Yaya Ruhiyat
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Sungai Cijurey Penyokong Pertanian di Majalengka

MAJALENGKA, JMI - Sungai Cijurey, yang melintasi wilayah Cibodas hingga Maja dan menyatu dengan Sungai Cilutung di Desa Bonang, Kecamatan ...