WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Tiba di KPU RI, Prabowo-Gibran Daftar Pilpres 2024

Jakarta, JMI - Bakal pasangan capres dan cawapres usungan Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, tiba di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu, pukul 11.20 WIB.

Prabowo-Gibran tiba dengan didampingi para ketua umum partai politik anggota KIM untuk mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pilpres 2024.

Prabowo-Gibran kompak mengenakan kemeja bernuansa biru dan tersemat pin Bendera Merah Putih pada bagian dada sebelah kiri.

Keduanya sempat menyapa awak media sebelum kemudian menuju Lantai 2 Gedung KPU RI untuk menyerahkan berkas pendaftaran.

Selain itu, para ketua umum parpol anggota KIM yang tampak mendampingi Prabowo-Gibran, di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Prabowo-Gibran menjadi bakal pasangan capres dan cawapres ketiga yang mendaftarkan diri ke KPU RI. Mereka mendaftarkan diri di hari terakhir tahap pendaftaran calon peserta Pilpres 2024.

Sebelumnya, pada hari pertama pendaftaran, Kamis (19/10), bakal pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah mendaftarkan diri ke Kantor KPU RI.

Rombongan Prabowo-Gibran memulai rangkaian dari kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, menuju keu Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, untuk menyapa relawan. Setelah itu, Prabowo dan Gibran melangsungkan kirab budaya di Taman Surapati sebelum tiba di Kantor KPU RI.

KPU RI membuka masa pendaftaran pasangan capres dan cawapres untuk Pemilu 2024 pada 19-25 Oktober 2023.

Tahap berikutnya, tanggal 13 November 2023, KPU RI menetapkan pasangan capres dan cawapres sebagai peserta Pemilu 2024. Lalu, pada tanggal 14 November 2023 dilakukan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon peserta Pilpres 2024.

Masa kampanye dijadwalkan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024; kemudian masa tenang tanggal 11-13 Februari 2024; dan hari pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

 

Sumber : Antara

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Rapat Paripurna DPRD, Pj.Bupati Subang Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2023

Subang, JMI - Penjabat Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Subang dengan agenda Penyampa...