WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

FP2KEL Nilai Kemenag Luwu Kurang Elok Menggunakan Istilah “Susu Tante” di Aksi Kemanusiaan

Ketua Forum Pemuda Pemantau Kinerja Eksekutif Legislatif (FP2KEL) Ismail Ishak

LUWU, JMI - Istilah atau singkatan yang digunakan oleh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Luwu menimbulkan kontroversial.

Penyebab kontroversial tersebut karena adanya penggunaan istilah atau singkatan yang digunakan dinilai kurang elok saat menggelar Aksi Solidaritas Palestina Kemenag, Selasa, 21 November 2023 kemarin.

Dalam Aksi penggalangan dana tersebut Kemenag menggunakan istilah atau singkatan “Susu Tante” yang merupakan kepanjangan dari Sumbangan Sukarela Tanpa Tekanan.

Bila bila dimaknai secara harfiah, kata “Susu Tante” itu adalah payudara milik tante.

Ketua Forum Pemuda Pemantau Kinerja Eksekutif Legislatif (FP2KEL) Ismail Ishak menilai, penggunaan istilah atau singkatan tersebut kurang elok atau tidak pantas digunakan oleh institusi Kementrian Agama.

"Istilah atau singkatan itu tidak pantas disuguhkan oleh institusi Kementrian Agama, masih banyak istilah lain yang bisa digunakan,” ucap Ismail Ishak di hadapan media, Kamis, 23 Januari 2023.

Ismail Ishak juga menyampaikan, kegiatan Kemenag ini sangatlah bagus karena merupakan aksi kemanusiaan untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina.

“Salut dengan langkah yang dilakukan Kemenag Luwu dalam melakukan pengumpulan dana untuk kemanusiaan guna membantu saudara-saudara kita di Palestina, hanya saja istilah atau singakatan yang digunakan agak bertolak belakang dengan nama Kemenag Luwu  yang menggunakan istilah “Susu Tante", ucap Ismail.

Sementara itu Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Luwu H. Nurul Haq saat dikonfirmasi media menyampaikan, yang bisa memberikan konfirmasi dari istilah tersebut adalah Humas Kemenag Luwu.

“Dia memberikan istilah tersebut, mohon konfirmasi langsung ke Humas” jawab H. Nurul Haq.

Sementara itu Humas Kemenag Luwu saat dikonfirmasi media menyampaikan akan mengkonfirmasi ke Kepala Kantor dan editor Humas Kanwil Kemenag Sulsel

“Iye pak, terima kasih atas tanggapannya, Insya Allah saya konfirmasi ke pak Kepala Kantor dan teman-teman para editor dari Humas Kanwil Kemenag Sulsel” jawabnya, Kamis, 23 November 2023.

Dikutip dari laman resmi Kementrian Agama RI Provinsi Sulawesi Selatan, Sumbangan Sukarela Tanpa Tekanan (Susu Tante) merupakan aksi kemanusiaan yang diadakan di Kementerian Agama Kabupaten Luwu untuk Peduli Palestina.

Aksi donasi kemanusiaan Peduli Palestina yang terkumpul mencapai Rp. 109.481.000,- diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Luwu dan beberapa orang staf ke Kantor Bank Syariah Indonesia (BSI) melalui rekening 

“Aksi Solidaritas Palestina Kemenag” dan diterima langsung oleh teller di Bank tersebut. Selasa, (21/11/2023)

Dana tersebut dikumpulkan dari seluruh lini Kementerian Agama Kab. Luwu, yaitu dari para Pejabat dan Pegawai Kantor, kalangan Madrasah dan RA baik guru maupun siswa, kalangan Kepala KUA dan staf, Penyuluh Agama Islam dan Kristen, Pengawas, dan PPPK.

Dana terkumpul sampai sejumlah itu berkat motivasi dan dorongan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu Drs. H. Nurul Haq, MH, yang tak henti-hentinya mengingatkan kepada ASN maupun Non ASN pada setiap kesempatan untuk menanam amal jariyah kepada yang mebutuhkan amalannya akan diterima di akhirat kelak.

Kepala Kantor menyampaikan bahwa dana tersebut kemungkinan masih akan bertambah dan diberikan kesempatan kepada mereka yang akan berdonasi sampai tanggal 30 November 2023.

 

Pewarta : M ARIS

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Bupati Karawang Apresiasi Program UMKM Untuk Indonesia

Karawang, JMI - Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh menghadiri Launching Program UMKM Untuk Indonesia Tahun 2024 yang bertempat di ...