WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Gems Exhibition Road To Jabar, Silaturahmi Komunitas Batu Jawa Barat di Situ Baeud Purwakarta

Subang, JMI - Sebagai ajang tali silaturahmi Komunitas Batu Akik Purwakarta menggelar Purwakarta Gems Exhibition Road to Jabar Batu Part Il, Bertempat di Situ Buleud, Minggu (19/11/2023).

Dalam acara tersebut nampak beberapa komunitas batu dari seluruh jawa barat hadir di antaranya dari Garut, Bandung, Sukabumi, Cirebon, Indramayu, Sumedang, Majalengka, Subang, Karawang, Bekasi, Cikampek, Purwakarta  dan lainnya termasuk dari luar jawa pun datang menghadiri acara tersebut.

Ketua Jabar Batu Jawa barat Anto


Selanjutnya di adakan lelang batu dari panitia kepada para pencinta batu akik serta para peserta mendaftarkan untuk mengikuti kontes Batu.

Ketua Jabar Batu, Anto kepada JURNAL MEDIA Indonesia mengatakan bahwa, "Komunitas batu yang ada di wilayah jawa barat membawahi sebuah komunitas di antaranya batu ciri khas asal jawa barat, Batu Garut, Sukabumi dan Batu Pandan, yang hadir saat ini berjumlah 26 komunitas batu yang terdiri dari 12 Kabupaten dan 14 Kota di Jawa barat termasuk dari luar Jawa barat," Tuturnya.

Lebih lanjut Anto menyampaikan bahwa, "Dalam kegiatan ini tujuannya untuk meningkatkan silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan. Jawa barat sendiri mempunyai batu asli ciri khas jawa barat di antaranya yaitu batu Garut yang terkenal saat ini yang harganya sudah mahal sekali sudah go internasional," terangnya.


Rama Yudi , komunitas batu asal Lembang kabupaten Bandung barat.

Target kita membumingkan lagi batu akik seperti di tahun 2014, minimal setengah nya kita bangkitkan lagi," Ungkapnya.

Komunitas batu asal Lembang Bandung barat, Rahma Yudi mengatakan, "Untuk hari ini kegiatan Purwakarta Exhibition dimana kegiatan ini adalah sebuah ajang kegiatan perbatuan yang saat ini lagi ramai-ramainya di kalangan komunitas batu.

Dalam kegiatan Purwakarta Exhibition ini di hadiri para komunitas batu, bukan hanya para komunitas batu asal jawa barat saja yang hadir, saat ini yang dari luar jawa barat yaitu dari Surabaya dan Semarang pun jauh -jauh datang menghadiri acara tersebut,"ucapnya.

Komunitas pencinta batu asal Kabupaten Subang, Agus Hamdan


Rahma Yudi menuturkan, "Untuk daya beli lumayan masih stabil tidak seperti lagi buming-bumingnya di tahun 2014," tuturnya.

Harapan nya dengan kegiatan ini untuk jangka pendeknya sebagai ajang silaturahmi untuk selalu kontinu dan berkelanjutan di selenggarakan di wilayah lainnya di jawa barat, serta jangka panjangnya bagaimana kita bisa membumingkan kembali dunia perbatuan seperti di tahun 2014 agar bisa menambah pemasukan bisnis UMKM sebagai nilai tambah bagi masyarakat khususnya pencinta batu akik," Ungkap nya.

 

Pewarta : Agus Hamdan

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jelang Idul Adha 1445 H, Manajemen Destinasi Wisata Flora D'Castelo Gelar Ngopi dan Diskusi Bareng Belasan Awak Media Subang

Subang, JMI – Jelang Hari Raya Idhul Adha 1445 H tahun 2024 , Manajemen Destinasi flora wisata D, Castelo undang Belasan awak m...