WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Manuver Anwar Usman yang Gugat Ketua MK Suhartoyo ke PTUN Jakarta

 

Jakarta, JMI - Hakim konstitusi Anwar Usman melancarkan manuver baru. Kini, Anwar menggugat Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Berdasarkan data Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PTUN Jakarta, gugatan tersebut didaftarkan pada Jumat (24/11) dengan nomor 604/G/2023/PTUN.JKT.

Namun, isi gugatan belum diketahui jelas. Majelis hakim ataupun jadwal sidang gugatan juga belum diketahui.

"Belum dapat ditampilkan," demikian dikutip dari laman SIPP PTUN Jakarta, Jumat.

Sementara itu, sebelumnya Anwar melayangkan keberatan atas Surat Keputusan Nomor 17 Tahun 2023 tanggal 9 November 2023 tentang pengangkatan Suhartoyo sebagai Ketua MK periode 2023-2028. Suhartoyo menggantikan Anwar yang diberhentikan Majelis Kehormatan MK (MKMK).

Menurut hakim konstitusi Enny Nurbaningsih, surat keberatan tersebut disampaikan tiga kuasa hukum Anwar pada 15 November 2023.

Dihubungi pada kesempatan terpisah, Enny mengaku belum tahu soal gugatan Anwar ke PTUN Jakarta. Ia pun menyebut gugatan Anwar dibawa ke Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) pada Senin (27/11).

"Saya baru tahu juga soal ini, sehingga harus saya sampaikan terlebih dulu dalam RPH hari Senin untuk tindak lanjutnya. Mohon ditunggu," ujar Enny kepada CNNIndonesia.com, Jumat (24/11).

Hakim konstitusi Manahan M.P. Sitompul juga mengaku belum mengetahui soal gugatan yang dilayangkan Anwar tersebut. Namun, kata dia, upaya yang dilakukan Anwar merupakan hak semua orang.

"Itu kan haknya itu. Semua orang punya hak. Jadi, kita mau gimana komentari kalau orang memperjuangkan karena dia merasa dia itu haknya untuk membuat keberatan terhadap itu putusan MKMK itu," ucap Manahan.
 

Awak media telah menghubungi kuasa hukum Anwar Usman, Franky Simbolon terkait gugatan ke PTUN Jakarta ini, tetapi belum direspons.


Sumber : CNNIndonesia

 

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Politisi Muda Partai Gerindra, Zennieta Frara Melenggang Ke DPRD Subang

Subang, JMI - Politisi muda yang pernah menjadi mojang Subang tahun 2017-2019, Zennieta Frara, S.Pd, (Neng Zanet) telah mengunci satu kur...