WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

BDTBT ESDM RI Apresiasi Produk dan Layanan Peledak Underground DAHANA

Subang, JMI - Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Kementerian ESDM RI melakukan silaturahmi ke PT DAHANA untuk melihat dan mengetahui produk-produk yang dimiliki DAHANA untuk pertambangan bawah tanah. Perwakilan BPPTBT diterima oleh Pjs. Vice President Energetic Material Center (EMC) DAHANA Dadan Munawar di Kampus DAHANA, Subang, Kamis, 21 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Dadan menyampaikan bahwa DAHANA terus berinovasi di berbagai bidang, termasuk dalam pertambangan bawah tanah (underground mining). Salah satunya adalah mengembangkan produk DabexUG, yaitu bahan peledak curah produk EMC DAHANA yang handal diaplikasikan di tambang bawah tanah,"Tuturnya.


Lebih lanjut,"Dadan menyampaikan bahwa “DabexUG telah digunakan dalam beberapa site proyek yang dimiliki oleh DAHANA. Hasilnya, bahan peledak ini sangat dapat diandalkan, baik untuk pertambangan bawah tanah maupun dalam pembuatan terowongan. DabexUG telah diformulasikan untuk dapat digunakan pada lubang ledak berair maupun panas. DabexUG dapat memberikan benefit dan nilai tambah yang signifikan baik secara teknis operasional maupun ekonomis,” ujar Dadan.

Sementara itu, Kepala BDTBT Kementerian ESDM RI, Darius Agung Patra memperkenalkan BDTBT kepada DAHANA, BDTBT merupakan Balai Diklat Tambang Bawah Tanah yang memiliki tugas untuk memberikan pelatihan kepada ASN dan masyarakat berbasis kompetensi untuk bidang tambang bawah tanah dan tambang terbuka

Selain itu, pihaknya juga memiliki layanan pengujian kualitas batubara untuk keperluan komersil, pendidikan, ataupun lainnya dengan parameter pengujian dengan tarif yang bersaing. BDTBT melengkapi dirinya dengan laboratorium uji, simulator dan peralatan pendidikan lainnya dalam untuk melahirkan ahli pertambangan bawah tanah di Indonesia.


Darius juga menuturkan, pihaknya mengapresiasi DAHANA yang memiliki inovasi memproduksi bahan peledak yang handal digunakan dalam pertambangan bawah tanah. Ia juga berharap dapat bekerjasama dengan DAHANA baik pengadaan dummy produk bahan peledak bawah tanah, maupun pemateri untuk mengisi pendidikan peledakan di BDTBT.

“Kami mengapresiasi DAHANA yang sukses memproduksi bahan peledak yang ampuh digunakan di pertambangan bawah tanah, kami berharap, mudah-mudahan kita bisa menjalani kerjasama yang baik dengan DAHANA, kita bisa membuat rencana baik penyediaan dummy DabexUG maupun menjadi pemateri dalam pelatihan peledakan kami,” ujar Darius.

 

Pewarta : Agus Hamdan

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Bulog dan PT.PSI Gelar Tanam Padi Bersama dan Kolaborasi On Farm

Karawang, JMI - Perum Bulog bekerja sama dengan PT. Padi Sehat Indonesia (PT. PSI) menggelar ‘Tanam Padi Bersama dan Kolaborasi on Farm’ b...