WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Peringatan Upacara HJS 2023, Dandim 0607 Sukabumi Kota Ajak Semua Unsur Lanjutkan Semangat Perjuangan Dalam Mengisi Kemerdekaan

SUKABUMI, JMI - Rangkaian Peringatan Upacara Hari Juang Siliwangi di Palagan Perjuangan Bojongkokosan di Desa Bojongkokosan Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023).

Hadir Dalam kegiatan Upacara peringatan Hari Juang Siliwangi 2023, Mayor Inf Suntoro ( Kasdim 0607/Kota Sukabumi ), Kompol Iman Prayitno, S.H,.M.H, ( Mewakili Kapolres Kab. Sukabumi), Kapten Inf Hariyanto ( Mewakili Danyon 310 ), Para Danramil 0607 Kota Sukabumi, Letda Mar Wily (Puslatpur Mar Antralina 6 ), Letda Arm Fajar Aldrin Z ( Danton  Armed 13 ), Bpk Tedi Setiadi ( Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi), Bpk Boyke Martadinata SSTP. MH (Asisten bidang Pemkesra), Para Camat Wil Dapil 2,3 dan 5; Bpk Eri (Ketua Kumis baplang), Tokoh masyarakat dan tokoh Agama Patung kuda, serta Para Tamu Undangan. 
Peserta Upacara terdiri dari :

Kodim 0607/Kota Sukabumi, Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Yonif 310/KK, Yonarmed 13/1/1 Kostrad, Polres Sukabum, Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Dishub Kabupaten Sukabumi, Damkar Kabupaten Sukabumi, FKPPI Kabupaten Sukabumi, Pramuka.

Susunan petugas Upacara Sbb:

Irup : Drs. H. Iyos Somantri, M.Si (Wakil Bupati Sukabumi), Cadangan Irup : Mayor Inf Suntoro ( Kasdim 0607/Kota Sukabumi ), Danup : Kapten Inf Mahmud, Cadangan Danup : Kapten Inf Azman, Perwira Upacara : Kapten Inf Ahmad Amin, S.Pd.I, Cadangan Perwira Upacara : Kapten Inf Cecep Toha, A.H. 
Pembawa Acara : Serka (K) Niken Pebistiana
Cadangan Pembawa Acara : Protokol Pemda Kabupaten Sukabumi, Pembaca Do'a : Sertu Ambar Abraham. 

Amanat Dandim 0607/Kota Sukabumi yang dibacakan oleh Inspektur upacara Mayor Inf Suntoro ( Kasdim 0607/Kota Sukabumi ) 

"Peringatan Hari Juang Siliwangi ini bertujuan mengingatkan kita bahwa sikap kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme sangat pentingdalam membangun negara kita. Tanpa sikaptersebut, maka mustahil untuk membuat negarakita bertahan hidup, Setiap tanggal 9 Desember, kita memperingati HariJuang Siliwangi. Peringatan ini sebagai refleksidalam menghargai perjuangan pahlawan dalammelawan penjajahan. Hari Juang Siliwangi jugamenunjukkan bahwa para pendahulu kita telahberkorban jiwa dan raga untuk menjaga kedaulatanbangsa dari pasukan tentara Sekutu dan NICA".
"Peringatan Hari Juang Siliwangi tidak terlepas dari sejarah pertempuran di Palagan Bojong Kokosan ini, Komando Resimen III TKR yang dipimpin olehLetkol Edi Sukardi yang bekerjasama denganLaskar-Laskar rakyat seperti Hisbullah, Fisabilillah, Barisan Benteng dan Pesindo yang pada saat itu disusun dalam empat titik tempur, mulai dari Cigombong Kabupaten Bogor sampai Ciranjang Kabupaten Cianjur. Tercatat dalam pertempuran Bojong Kokosan sekitar 50 orang tentara Sekutu tewas dan 100 orang lainnya cedera,sebaliknya korban dari kubu pejuang Indonesia sebanyak 28orang, Pertempuran itu merupakan kisah heroik bangsa Indonesia,olehkarenaitu dalam upaya mengenang pertempuran Palagan BojongKokosan,maka berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 003.3/Kep.1141-Bangsos/2004 tanggal 26 November 2024 ditetapkan sebagai Hari Juang Siliwangi pada tanggal 9 Desember".

"Dengan menjadikan momen bersejarah peristiwa Bojong Kokosan sebagai simbol perjuangan dan sebagai tonggak perjuangan hari Juang Siliwangi marilah kita renungkan bersama apakah yang telah kita perbuat untuk NKRI.Negeri ini masih membutuhkan banyak pengabdian dan pengorbanan, demi masadepan bangsa dan generasi yang akan datang. Komandan Kodim 0607 Kota Sukabumi Letkol infantri Yudi hariyanto S.hub.Int.".
Setelah kegiatan upacara selesai dilanjutkan dengan kegiatan :

Pemberian bingkisan dari komunitas JAJ (jakarta Americal Jeep) dalam bentuk sembako untuk keluarga pejuang Bojongkokosan:
Keluarga Letkol Edy soekardi
Keluarga kapten Anwar
Keluarga Bpk. Subarna
Keluarga Bpk. Satibi
Keluarga Bpk. Aceng
Keluarga Bpk. Gomrowi
Keluarga Bpk. Soleh.

TEAM/JMI
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Laka Kerja di Sukabumi, Korban Buat Surat Pernyataan Dengan Pihak Perusahaan

SUKABUMI, JMI - Satu Orang Buruh Alami Laka Kerja Diketahui Bekerja di   PT. Aneka Dasuib Jaya Yang Beralamat di Jln Raya Pakuwon Km 5 Rt...