WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Perkuat Pelayanan Kesehatan Prima, Kabupaten Majalengka Luncurkan UHC

MAJALENGKA, JMI - Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat secara prima, Pemerintah Kabupaten Majalengka meluncurkan Program Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Daerah atau Jamkesda.

Kegiatan yang digelar di ballroom Fitra Hotel Majalengka tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Majalengka berikut sejumlah pejabat, termasuk Deputi Direksi Wilayah 4 BPJS Kesehatan, Sekda Majalengka, Kepala BPJS Kesehatan Jabar dan perwakilan Dinas Kesehatan Jawa Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, H. Agus Susanto, menyampaikan bahwa upaya terus dilakukan untuk peningkatan layanan kesehatan dasar sebagai implementasi visi misi Kabupaten Majalengka.

"Atas kerja keras Pak bupati, alhamdulillah sebanyak 172.437 masyarakat Kabupaten Majalengka telah mendapatkan layanan Jamkesda secara gratis," ujar Agus Susanto, Senin (4/13/2023).

Agus mengatakan, bahwa Kabupaten Majalengka telah meraih status UHC Non Cut Off sehingga memungkinkan pendaftaran JKN aktif tanpa masa tunggu.

Hal ini kata dia, menunjukkan komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan setara tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi atau geografis masyarakat.

Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi mengapresiasi peluncuran program UHC. Ia pun mengatakan bahwa program tersebut menjadikan pelayanan kesehatan sebagai program utama dalam visi misinya.

Selain itu juga, termasuk program Puskesmas Nganjang Ka Imah telah berhasil memberikan layanan kesehatan yang mudah dan terjangkau.

Begitu pula dengan pembangunan rumah sakit di wilayah Selatan menjadi langkah strategis untuk mewadahi kebutuhan kesehatan rakyat di beberapa kecamatan, imbuh Karna Sobahi.

Karna menekankan prioritas anggaran kesehatan dan pendidikan sebagai fokus utama dalam kepemimpinannya, termasuk dengan peningkatan pelayanan BPJS kesehatan gratis bagi masyarakat miskin di Kabupaten Majalengka.

Di waktu yang sama Deputi Direksi Wilayah 4 BPJS Kesehatan, Arif Saepudin menyampaikan keberhasilan Kabupaten Majalengka mencapai kepesertaan program JKN hingga 95,99 persen, melampaui rata-rata nasional dan Provinsi Jawa Barat.

Sementara, di sela-sela kegiatan pemberian paket sembako, santunan dan penyerahan kartu BPJS menjadi bagian dari acara peluncuran UHC Kabupaten Majalengka.

Acara ditutup dengan pemberian UHC Award dari BPJS Pusat dan penghargaan dari Provinsi Jawa Barat, termasuk plakat dan piagam untuk UHC tertinggi predikat desa/kelurahan KBK terbaik, dan unsur swasta yang berkontribusi dengan BPJS. 

Pewarta : Yaya Ruhiyat
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dandim 0607/Kota Sukabumi Hadiri Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Berkelanjutan Tahun 2024 Tingkat Kota Sukabumi

SUKABUMI, JMI - Telah Dilaksanakan Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Berkelanjutan Tahun 2024 Tingkat  Kota Sukabumi, D...